Laman

Selasa, 01 Maret 2011

KUMPULAN KUTIPAN MARIO TEGUH GOLDEN WAYS dan KUMPULAN KATA-KATA BIJAK MARIO TEGUH


Kutipan Mario Teguh Golden Ways
  1. "ANDA TIDAK HARUS MENUNGGU SEMUANYA MEMBAIK DULU, SEBELUM ANDA MEMULAINYA. Tugas anda adalah untuk memperbaiki, dan agar semuanya menjadi baik karena anda memulai"
  2. "Dalam memberi nasehat ada 2 hal wajarnya diperhatikan. Pertama, sewajarnya apa yang akan kita nasehati sudahlah kita jalani. Kedua, bila kita belum mengalaminya, dan kita tahu caranya, tetap sampaikanlah. Karena setelah kita menasehati, BELIAU akan mengkaruniai kita pengalamantersebut."
  3. "Lebih baik mana ya, Membayangkan kegagalan atau mengalami kegagal? kegagalan adalah guru terbaik."
  4. "Buat saya, ketika kita betul2 dengan sadar sesadarnya mengatakan “ya !”, terhadap keberadaan dan keesaan Allah (laa ilaaha illallaah; red) kita tak perlu repot2 lagi memikirkn lebel2 formal keTuhanan. Pokoknya terus berlaku jujur, menjaga kerahasiaan klien, menganjurkan yang baik, menghindari prilaku sikap dan pikiran buruk... Saya rasa ini semua pilihan orang2 beriman... Ber-Islam itu mbok yg keren abis gitu loch!"
  5. "Orang yang hebat itu adalah orang sedih tapi tetap berusaha membahagiakan orang lain."
  6. "Pilihlah reaksi yang memuliakan kehidupan... pilihlah reaksi yg memuliakan orang lain... lalu perhatikan apa yg akan terjadi??"
  7. "Menangislah sebentar, tetapi menangislah seperti orang besar. Marahlah sebentar seperti marah2nya orang bijak... tp segerah setelah itu berlakulah baik, katakanlah yg baik... karena apa bila yang kita pikirkan baik, yg kita katakan baik, yg kita lakukan baik... kita tidak mungkin salah."
  8. "Bila yang anda lakukan adalah kebaikan, bersegeralah!!!... lalu perhatikan apa yg akan terjadi!!!"
  9. "Tidak ada waktu yang tepat, karena Tuhan memberikan penghargaan pada setiap detik waktu yang diberikan... kapanpun asal tindakannya tepat, waktunya tepat. Mulai sekarang abaikan semua hal tentang waktu, fokuslah pd ketepatan tindakan, karena itu yang menjadikan waktu anda tepat."
  10. "Islam itu agama rahmat untuk semesta alam loch!!!... Berislam mbok yang kren abis! Maksudnya jadi orang Islam mbok yg betul2 memayungi pemeluk agama lain. Agama kita itu sebagai agama terakhir dan penyempurna bagi agama2 sebelumnya dan Kita tidak perlu mengunggul2kan agama kita yang memang sudah unggul dihadapan sodara2 kita yang tidak seagama dengan kita. Bagaimana Islam bisa dinilai baik kalau kita selaku muslim lalu merendahkan agama dan pemeluk agama lain."
  11. "Gunakanlah keikhlasan sebagai kekuatan kerja anda, dan kepasrahan sebagai wadah dari penantian anda, lalu perhatikan apa yang terjadi!!!"
  12. "Jika anda menasehatkan ssuatu yang belum pernah anda lakukan, cepat atau lambat anda akan diuji dengan apa yang anda nasehati... Nasehatkan tetang kesabaran, maka kesabaran anda akan diuji. Mengapa hal ini terjadi? Karena "Tuhan begitu menyayangi manusia". Dia tidak ingin manusia menasehatkan sesuatu yang belum dirasakannya. Tuhan ...memurnikan manusia"
  13. "Izinkan dia melihat kehidupan ini mungkin baginya."
  14. "Ada dua kata yg di sukai Tuhan... yg pertama [Ya] dan yg kedua [Belum]... Tuhan tdk menyukai kata [Tidak]... dan Tuhan tdk menciptakan sampah, hanya manusialah yg menciptakan sampah."
  15. "Jika aku demikian sibuk, mengapa aku belum kaya?... Mudah-mudahan semua masalah dan kesulitan Anda dilenyapkan oleh Tuhan pada detik pertama Anda mengikhlaskan diri untuk menjadi pribadi yang jujur dan bekerja keras bagi kebaikan sesama."
  16. "Cukupkanlah mengeluh kepada orang-orang yang hatinya tidak ramah. Lakukanlah sesuatu yang lebih tegas, untuk membebaskan Anda dari keharusan untuk meminta pengertian baik mereka."
  17. "Coba perhatikan... semua pemimpin yang terhebat di dunia adalah pencerita yang efektif!!! efek merupakan dampak, yang ketika ia bicara ada pukulan dihati... mulai sekarang lakukan apapun... karena bahkan bicara salah itu melatih lidah, apalagi kalo bicaranya betul... Hidup yg penuh itu adalah hidup yg menarik untuk di ceritakan."
  18. "Silahkan di Coba : saya tidak mencari uang dari umur 0 - 35 tahun, apakah orang yang tidak mencari uang tidak punya uang??? "PUNYAAA"... karena orang tidak mencarikan uang, lebih pantas di bayar karena dia tidak kelihatan mata duitan... dr umur 35 - 40 betul2 cari, kalau dibayar kurang "TOLAK"... itu adalah resiko dari positioning.... dan setelah 40 tahun kita menjadi yang di "CARI UANG."
  19. "Mulia-lah wanita yg bersedia membuat sorg laki2 merasa hebat dan mengurangkan dirinya."
  20. "Sepasukan domba yg di pimpin singa = GAGAH SEKALI... Sepasukan singa yang dipimpin domba, yang takut itu pemimpinnya... karena ketika singa2 bilang "serang pak"... si domba pun berkata "Jangan, apa kamu lupa aku domba???"... Bayangkan prustasinya para panglima ketika rajanya itu sorang penakut.... "itu baku dalam ilmu kepemimpinan sepanjang sejarah."
  21. "Tujuan agama adalah untuk kebaikan, untuk menjadikan baik. karena apabila agama tidak menjadikan kita baik, mengapa kita meyakininya? itulah sebabnya orang2 yang salah di kehidupannya selalu ditanya ; apakah engkau tidak berfikir?."
  22. "Orang2 yang tidak membangun ukuran dan kualitas dari yg mengisi pikirannya, akan berteman dalam pergaulan2 yang meributkan perkara2 kecil, maka anjurannya bagi kita adalah agar kita memilih mengisi pikiran yang ukuran dan kualitasnya akan mengutamakan kita dalam pergaulan yang baik dan dalam menghasilkan yang baik."
  23. Orang2 yang hanya memikirkan dirinya gampang sedih...  karena kesedihan adalah proses mengasihani diri sendiri, dan orang2 yang sibuk mengasihani orang lain dan membantunya keluar dari penderitaan "Tidak sempat bersedih hati."
  24. "Katakan kebenaran walau kadang menyakitkan."
  25. "Salah satu tanda bahwa kita terpenjara dalam konsep diri yang tidak baik adalah merasa sedih dan tidak berguna karena membandingkan kelamahan kita dan kelebihan orang lain."
  26. "Setiap orang mempunyai kekuatan2 dan kelemahan2... itu tidak ada pada sesorang jika kita menghormatinya... karena kelemahan adalah kekuatan yang belum ditentukan kegunaannya."
  27. "Jika kita dihadapkan pada pilihan ssuatu yang akan menyelamatkan kita, tetapi dengan cara yang salah. Selalu tanya apa yang akan membuat Tuhan tersenyum?. Tidak ada alasan apapun yang terdengar baik yg bisa membenarkan sesuatu yg salah."
  28. "If you want to be king think of nothing else... Jika anda ingin menjadi raja jgn pikirkan yg lain."
  29. "Beranilah dihitung keburukan kita dengan cepat... beranilah dihitung kebaikan kita dengan cepat... karena sebenarnya hari perhitungan itu sdh ada didepan mata kita."
  30. "Lihatlah ke diri anda dengan santun, humor dan jangan terlalu tersinggung kalau ada profiling orang yang tidak cocok, jadilah pribadi yang mengagetkan banyak orang karena penilaian mereka salah... karena kita lebih besar dan kuat dari apa yang mereka duga."
  31. "Terjunlah sambil membuat sayap, karna anda betul2 menyerahkan diri anda kepada kepemimpinan Tuhan... lalu perhatikan apa yg akan terjadi!!!."
  32. "Tuhan... saya terlukai karena ini, saya ada kemampuan untuk membalasnya... tetapi perintah-Mu adalah untuk memaafkannya dan menyerahkan kepada-Mu karena Engkau-lah sebaik2 penyelesai masalah."
  33. "Hidup itu sebuah perjalanan, yang diisi oleh upaya dari waktu ke waktu karena kita berani, karena kita gembira, karena kita damai, karena kita memiliki Tuhan... Berangkatnya dari Tuhan dan kembalinya untuk Tuhan... So, sucikan diri anda untuk hubungan anda ke diri anda dan orang... lain lalu perhatikan apa yg akan terjadi???"
  34. "Jangan jadikan masalah sebagai batu penghalang anda mencapai kecemarlangan hidup anda... cobalah melihat dibalik batu itu ada hal yg lebih menarik dan lebih besar... karena jalan keluar dari suatu masalah adalah keluar dari masalah itu... "Rencanakanlah cita2 yang besar, tapi jangan berhenti disana... tetapi rencanakanlah tindakan yang sekecil mungkin".
  35. "Racun itu di sebut racun karena merusak.... Jangan berlama2 di tempat yang tidak memuliakan kehidupan anda, lalu jangan menghalalkan semua alasan untuk menjadikan bahwa bukan salah anda untuk berada di tempat yg tidak baik."
  36. "Tiga tugas kita sebagai kekasih Tuhan adalah : 1. Meminta kpd Tuhan yg maha pengasih, 2. Memantaskan diri bagi penerimaan dari permintaan kita,3. Menerima dgn Kesyukuran."
  37. "Rahasia kepemimpinan yaitu melihat sesuatu di masa depan dengan jelas sebelum yang di lihatnya jelas bagi semua orang... so, mulai dari sekarang jadilah pribadi yang patut di tiru oleh orang karena anda telah melihat ssuatu dengan jelas kedepan... ajak mereka yang belum jelas masa depannya berdiri di sebelah saya (Stand by me)."
  38. "Jadilah pribadi yang enak bagi diri sendiri... masak enak sih jd pemarah, pengiri, penghasut, pembohong... dan pekerjaannya adalah mengumumkan aib semua orang... so, kalau begitu jika anda mencintai diri anda sendiri secukupnya... anda akan melakukan yang membahagiakannya... "jadilah org Baik".
  39. "Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin... dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin anda akan bisa mencapai yang terbaik dari yang mungkin anda capai."
  40. "Minggu pagi yg indah... begini lohhh, “ada Tiga hal yang mengajaibkan kehidupan : kejujuran, kerja keras, dan upaya bagi kebaikan sesama."
  41. "Sebetulnya hidup ini sangat sederhana; jika kita tidak merumitkannya dengan rencana yang tidak kita laksanakan, dengan janji yang tidak kita penuhi, dengan kewajiban yang kita lalaikan, dan dengan larangan yang kita langgar."
  42. "Bahwa Tuhan juga bisa membenci manusia,.. tapi bedanya jika manusia membenci manusia yang lain maka dia akan membuangnya dan melupakannya, kalau Tuhan membenci manusia di jadikannya manusia itu lebih baik... jadi jika kita membenci diri sendiri dan manusia lainnya mungkin itu adalah tanda bahwa Tuhan merindukan "Pribadi Baik Kita"."
  43. "Untungnya masa depan itu datangnya tidak mendadak... untungnya masa depan itu datang pada potongan hari demi hari, sehingga Tuhan itu memberikan kita "FUR" untuk setiap harinya siap2... "Hari saptu saya supaya minggu saya hebat, hari minggu saya supaya senin saya super", dan jika manusia bersumpah "demi Tuhan", Tuhan bersumpah "demi Waktu"... so, bagamana melihat masa depan, lihatlah ke potongan masa depan terdekat yaitu "NANTI"."
  44. "Banyak orang melakukan yang hanya bisa ia lakuan,... so, kapan kita melakukan yang belum bisa... Kita itu hanya bekerja yang bisa dilakukan orang lain, kita tidak bisa melakukan yang tdk bisa kita lakukan... Ikhlaskanlah diri anda untuk meniru orang2 yang telah berhasil, lalu perhatikan apa yg terjadi!!!."
  45. "Bukan yang kaya yang kuat, dan bukan yang canggih yang akan bertahan paling lama... tetapi yang cepat menyesuaikan diri terhadap perubahan."
  46. "Jika wajahmu menyiratkan ketulusan hatimu. maka kehidupan akan memilihkan kualitas dari isi hatimu. dengannya kehidupan akan menganugrahkan hatimu untuk menentukan untuk melihat yang tidak bisa dilihat oleh mereka yang hatinya suram karenanya.... jagalah hatimu dari prasangka2 yang mengkejikan pikiran2mu.
  47. "Jadilah pribadi yang mengerti harapan orang lain, dan bekerja keraslah atas pengertian itu... lalu perhatikan apa yg terjadi!."
  48. "Jangan pernah meminta lebih besar daripada kepantasan anda untuk diberi... Lebih baik lakukanlah lebih untuk mendapatkan yang rencananya akan diberikan kepada anda... Karena Sebetulnya orang yang bekerja lebih baik daripada yang dituntut darinya, sedang berencana untuk menjadi pribadi yang lebih pantas bagi tempat yg lebih tinggi."
  49. "Busy while waiting (Sibuk selama menunggu)"... kita sebetulnya setiap jiwa yang menunggu sesuatu yaitu menjadi pribadi yang penuh dengan kebaikan.... hanya saja yang betul2 sampai pada keadaan itu adalah yang sibuk selama menunggu (hal itu di-firmankan dan maha benar Tuhan dengan segala firman-Nya)... karena semua yang berhasil sampai adalah yang kesibukannya selama menunggu menjadikan dirinya menjadi kuat... "mau tahu yang pasti dalam kehidupan??? yg pasti adalah yg kita pilih."
  50. "Pria, jangan salahkan wanita jika ia memilih yang terbaik diantara kita, karena ia ingin mempunyai anak yang ayahnya mampu... Bukan wanita yang anda pilih, tetapi pantaskanlah diri anda untuk dipilih oleh wanita2 terbaik."
  51. "Setiap pribadi yang mengundang jwa lain untuk menghormati keberadaannya dan perannya dalam kehidupan ini adalah seorang guru, sehinga sebetulnya setiap pribadi kita adalah seorang guru... Meyakini batasan adalah menciptakan batasan... dan jika orang lain menasehatkan yang mungkin kita capai, janganlah kita menjadi orang pertama yang meraguknnya... karena sebetulnya batas2 kita hanya sejauh kebebasan perasaan dan pikiran kita."
  52. “Tuhan TIDAK MUNGKIN menaruh keinginan besar di hati Anda, TANPA kewenangan untuk mencapainya. Hanya saja, apakah Anda ikhlas merajinkan diri saat merasa malas, mendekatkan diri kepada kebaikan, dan melakukan yang justru Anda takuti, agar Anda menjadi jiwa yang bermanfaat bagi sesama.”
  53. "Ilmu itu ada pintu rahasianya... di jamin Tuhan, "orang yang menggunakan ilmunya untuk kebaik orang lain, akan diwariskan ilmu yang belum diketahuinya"... jadi kalau begitu apapun kesulitannya, apapun masalahnya, berpihaklah pada yg benar dulu... lalu perhatikan apa yg terjadi!!!."
  54. "Jangan pikirkan apakah yang kita lakukn baik, Nanti akan membahagiakan kita atau tidak!... jangan syaratkan harta untuk menentukan kebahagian".. Mulai hari ini, anda dan saya Ikhlaslah menggunakan cara yang baik.. org2 yang tampil sangat suci, bicara banyak menyebut nama Tuhan pun masih juga banyak menyimpan ilalang dan duri beracun di taman syurga di hatinya.. jd kalau begitu, yuk kita ikhlas membebaskan diri dari pikiran dan perasaan tidak baik, menjaga prilaku kita dan memuliakan orang lain."
  55. "Punya uang atau tidak, apapun yang terjadi, aku memutuskan berbahagia dan tugas ku untuk percaya... karena Tuhan ku telah mengatakan "Janganlah kamu berkecil hati"... maka aku berbesar hati dan berharap... karena waktu ku tidak nanti, waktu kebahagiaan ku sekarang!."
  56. "Tidak ada keadaan apapun yang sekarang sedang kita alami yang bukan hasil dari keputusan2 dari pilihan kita... karena kita memilih tinggal di situ, karena kita memilih bekerja di sana, karena kita memilih menerima itu, karena kita memilih mengatakan itu... maka kita mengalami dan menerima apapun yang kita alami... "Ketahuilah bahwa kehidupan ini adalah akibat dan sebabnya adalah pilihan2 kita".
  57. "Cara belajar.. (1) Memperhatikan/amati : anda harus bisa 100% ikhlas mengamati orang supaya anda bisa serap yang anda bisa pelajari dari orang lain.. (2) Meniru : jgn menolak meniru dan ikhlaslah... lalu karena anda selalu mempunyai kelebihan dari orang lain anda tinggal >>> (3) Nambahi.. lalu anda lebih baik darinya... jadi, kalau begitu yakinlah bahwa yang jauh itu meskipun tidak kelihatan menjadi masuk akal bagi mereka yang ikhlas memplajari cara2 yang dekat."
  58. "Siapapun yang jalannya lurus lebih cepat sampai.... Tahu tidak tahu, jangan langgar yang telah di buktikan ribuan tahun oleh orang baik sepanjang sejarah."
  59. "Pribadi yang tidak bisa menerima kebaikan dengan ikhlas adalah pribadi yang terlalu sering ditipu/dibohongi oleh pribadi lain dan dirinya sendiri... hal itu mengakibatkan tidak akan membuka pintu hatinya untuk apapun kebaikan."
  60. "Sebetulnya, siapapun hidupnya akan lebih baik kalau dia lebih berani... perhatikan, berapa banyak hal penting yang tidak kita lakukan karena kita tidak berani... dan semua orang yang kita kagumi adalah orang2 yang berani... "Jadi siapa pun hidupnya akan lebih baik kalau dia lebih berani, Itu!!!."
  61. "Dampingilah diri anda seperti sorang sahabat terkasih... dan hormatilah diri anda seperti sorang pribadi yang besar... lalu perhatikan apa yg terjadi!"
  62. "Bagamana melihat rencana Tuhan bagi kehidupan kita??? jawabnya adalah melihat BAIKNYA.... apapun yang terjadi banyak orang memilih melihat buruknya... padahal tidak ada yang terjadi dari suatu keadaan yang tidak ditujukan untuk MEMULIAKAN kita... yang mungkin kita akan salah, tetapi salah benar yaitu salah dalam rngka menyayangi, salah dalam rangka perbaikan... darapada menduga orang baik adalah orang jahat... "jadilah pribadi yang terlalu mulia untuk di tempatkan ke tempat yang tidak baik."
  63. "Sebetulnya tidak mungkin anda bisa menerima kekalahan dengan damai kalau anda tidak punya rencana untuk menang berikutnya... dan ketika dalam rangka menyusun rencana2, anda akan damai setelah anda bisa PASRAH.... "BERSERAH ITU ILMUNYA ORANG HEBAT", lalu keputusan akhir adalah keputusan Tuhan... "jadi kalau begitu, jadilah pribadi yang sibuk menyiapkan kepantasan".
  64. "May the best person win"... kalau kita ingin jadi pribadi sebening kristal,... dalam persaingan, tujuan anda menghebatkan diri, supaya yang mengalahkan anda harus lebih hebat dari anda, karena orang itu yang nanti melayani orang lain... Ikhlaslah kalau orang yang lebih baik dari kita menang, jangan jadi orang kecil, yang kalau kalah rewel lama... "Mulai dari sekarang jadilah petarung yang sesungguhnya, yaitu petarung yang bersiap diri menang dengan ANGGUN".
  65. "Banyak orang yang hidupnya hanya mencukupkan diri untuk yang baik, padahal lebih baik masih mungkin... nahhh, orang yang hidupnya mengupayakan yang lebih baik tidak akan pernah berhenti di satu kualitas."
  66. "Jika anda jadikan batasan dalam pendapat dan pikiran anda, itu akan menjadikan batasan yang sebenarnya!!!... Jika anda mengatakan "TIDAK BISA", maka anda akan 100% TIDAK BISA... dan jika anda mengatakan "BISA", ada kemungkinan BISA dan TIDAK BISA... Seorang yang hebat itu MENJADI HEBAT SEKALI JIKA DIA BERADA PADA BATASAN YANG KECIL."
  67. "Pastikan penggunaan waktu anda bernilai.... lalu perhatikan apa yg akan terjadi!."
  68. "Jadilah pribadi yang dirindukan kehadirannya... "Kehadiran Anda akan selalu dirindukan orang, apabila Anda : menggunakan nama yang baik, berbicara dengan bahasa yang indah, dan berlaku dengan cara-cara yang ramah di hati orang lain, dan jika mungkin, jadikanlah kehadiran anda pengindah waktu mereka."
  69. "Harapan yang dalam adalah pembentuk kerendahan hati yang mudah menerima yang kecil dan yang sederhana, sebagai syarat bagi pencapaian dari yang besar dan yg sulit. Harapan … Alangkah mulia Tuhan yang menciptakan harapan sebagai penghubung yang nyata antara jiwa kita dengan-Nya."
  70. "Tidak ada diantara harta, tahta dan wanita yang memiliki pengaruh negatif kepada orang baik... Hanya orang yang salah sikap yang bisa jatuh dari ketiga faktor ini,... karena kesalahan sikap akan membatalkan semua keberhasilan."
  71. "Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah."
  72. "Dalam belajar, bukan banyaknya yang kita pelajari, tetapi tepatnya yang kita pelajari... seni dalam belajar adalah tau kapan berhenti dan tau jumlah ilmu yang kita miliki itu sudah cukup... pelukis abstrak kalau tidak tahu kapan berhentinya, lukisannya akan jadi abu2, karena semua warna akan diberinya dilukisan itu ... tolong di ingat "KEGAGALAN BUKAN KARENA KURANGNYA ILMU, TAPI KARENA TIDAK CUKUPNYA TINDAKAN DALAM MENGGUNAKAN ILMU ITU."
  73. "Indahnya ilmu itu tidak pernah kita tahu kalau kita dalam keadaan lebih... tapi, yang pasti tahu kalau kita kekurangan ilmu... kekurangan ilmu itu akan kita diketahui waktu kita bertindak salah, nasehatnya "SENYUM DAN PERBAIKI".
  74. "Bayangkan setiap orang yang mengkritik anda, yang merendahkan anda melempar 1 batu bata... jangan menghindar tangkap dan kumpulkan... orang yang menyikapi kritik dengan baik sebentar lagi akan memiliki cukup batu bata untuk bangun rumah karena kritik itu ditujukan untuk kita melihat kelemahan dan kekurangan... "mengapa marah?.. KARENA HANYA ORG JUJUR YANG AKAN MEMBERI TAHU KEKURANGAN ANDA."
  75. "Agama mengajarkan kita bahwa Tuhan tidak menyukai apapun yang sifatnya berlebihan... Iqro yg artinya bacalah, agar hal itu kita terapkan dan kita amalkan dalam kehidupan kita... "MENGETAHUI ITU BAIK, MEMAHAMI ITU LEBIH BAIK, TAPI MENGAMALKAN ITU SANGATLAH BAIK."
  76. "Meyuapi bayi tikus dengan susu gajah tidak akan bisa menjadikannya gajah... sehingga kita bisa memilih menjadi "Bayi Gajah"... Siapa pun yang muda, putuskan sekarang "AKU BAYI GAJAH"... lalu tiru prilaku gajah, jangan bayi gajah yang meniru anak tikus... "AMBILLAH PIKIRAN, PERASAAN, LALU PRILAKU ORANG2 BESAR"... Pesannya : "KALAU MAU SAMA, SAMALAH DGN YG HEBAT... KALAU MAU BEDA, BEDALAH DENGAN YANG LEMAH."
  77. "Terimalah apapun yang kita miliki sebagai yang terbaik, untuk mencapai yang lebih baik... karena kita percaya yang paling baik Belum datang."
  78. "Kita itu menyepelehkan rizki yang selalu kita anggap rejeki itu hanyalah UANG... "Tugas kita adalah menggunakan rizki yang kita miliki sebagai pemulia kehidupan orang lain, supaya dengannya kita dimuliakan dengan kehidupan yang lebih besar."
  79. "Keluhan itu adalah pengumuman bahwa "AKU LEMAH"... tidak ada tujuan lain!!, karena dengan mengeluh itu : tidak mengurangi beban, tidak memperbaiki hubungan, tidak menyelesaikan masalah!!!... "Semua orang yang mengeluh hanya memberi tahu kalau "DIA LEMAH!!."
  80. "Semua bola melanting keatas, karena dibanting keras."
  81. "Coba perhatikan, kebanyakan orang2 Hebat dan Besar itu awalnya dianggap GILA... Tetapi setelah ia benar2 menjadi orang Hebat dan Besar, Orang2 yang menjadi terGILA-GILA... Pesannya : "MAUKAH ANDA MENJADI ORG GILA?
  82. "Cara terbaik mengalahkan musuh adalah menjadikannya teman."
  83. "Sering kali pengertian kita tentang PANJANG UMUR itu salah, kita menganggap kalau yang tua itulah yang panjang umur... ITU SALAH!!!... Orang yang Panjang umur itu adalah yang panjang usianya dimana dia berguna bagi orang lain... "Karena sebaik2nya manusia adalah manusia yang berguna bagi orang lain."
  84. "Kita itu disebut hebat, itu bukan karena kita tahu banyak!.. Tahu gak, banyak sekali orang yang lebih pandai dari kita yang tidak berguna.. Itu karena tidak menggunakn kepandaiannya untuk kebaikan orang lain.. dia menyimpan ilmu!.. Coba, berapa banyak orang yang tidak mau berbicara kalau tidak dibayar, tidak mau menulis kalau tidak dibayar.. "nah, berarti orang yang ikhlas membantu... tanpa menghitung uang adalah orang yang tidak takut miskin karena percaya Tuhan tidak pernah miskin."
  85. "Jika kita ingin menjadi orang baik, ya baik saja... jika kita ingin jujur, ya jurur saja... jika kita ingin sabar, ya sabar saja... Jika kita ingin ikhlas, ya ikhlas saja.... tidak ada alasan apa pun untuk menyelipkan keburukan di atas kebaikan... "Belajarlah menjadi pribadi yang polos seperti sorang bayi yang baru dilahirkan yang belum tersentuh dosa, karena ketika dia lapar dia menangis, dia ngompol dia menangis, dia sakit diapun menangis."
  86. "Generasi baru tidak bekerja untuk mencapai pensiun... Generasi baru membangun kemampuan untuk dibayar tinggi sekarang... generasi baru berusaha membangun kemandirian finansial supaya bisa libur kapan pun... karena kebebasan yang paling indah adalah kebebasan melakukan sesuatu yang kita sukai dan didalam melakukannya kita dihargai dengan tinggi... jangan menunggu tua dulu untuk berhasil, jadilah yang muda yang berhasil... tidak perlu menjadi tua dulu untuk didengarkan, jadilah yang muda dan dihormati."
  87. "Anak muda adalah mereka berani salah tapi takut dosa... "kalau anda beraspirasi menjadi orang besar, sederhanakanlah apapun yang berkenaan pada diri anda... lalu perhatikan apa yang akan terjadi!."
  88. "Karena aku orang baik yang tersiksa oleh pemuka agama yg PALSU!!!, oleh pejabat yang KORUP!!!, oleh orang tua yang juga PALSU!, oleh adik2 yang MENGKHIANATI!... "BANTU AKU, PERCAYALAH KALAU KITA BANTU ORANG KEPADA YANG BAIK... BAHKAN PENJAHAT PUN AKAN MERINDUKAN KEBAIKAN"."
  89. "Stop! Playing Small... "Tidak ada orang yang dilahirkan dengan rencana kecil, karena hidup sangat penting... jangan digunakan untuk melakukan hal2 yang kecil... orang yang bermain kecil tidak mungkin damai mengenai masa depan"... STOP, PLAYING SMALL.
  90. "Pendapat yang terpenting dalam hidup ini adalah pendapat anda tentang diri anda sendiri... apakah ada yang tidak mungkin bagi Tuhan???... Ada, 1. Tuhan tidak mungkin tidak menyayangi kita... 2. dan Tuhan juga tidak mungkin merubah nasib suatu kaum kecuali suatu kaum itu sendiri, karena Tuhan tidak akan campur tangan ke nasibnya orang malas."
  91. "Nikmatilah rasa gelisa itu... karena rasa gelisa itulah yang mengharuskan anda bekerja keras mendekati impian anda."
  92. "Tuntutlah ilmu seakan2 kita akan hidup 1.000 tahun lagi dan beribadahlah seakan2 kita akan mati sekarang juga"... keseimbangan itu terkadang bukan hanya 50:50, keseimbangan juga bisa diartikan 100:100,... karena dengan melakukan sesuatu semaksimal mungkin, menuntut ilmu dapat memberikan manfaat bagi saudara2 kita... sedangkan beribadah semaksimal mungkin menjadikan manusia yang paling baik di sisi Tuhan."
  93. "Karena wanita yang memuliakan pria dan krn smua kelahiran itu dilakukan oleh semua wanita, itulah yang menjadikan wanita yang mulia dalam kehidupan."
  94. "Tuhan ku.. banyak sekali saudara2 ku di Indonesia ini yg miskin, izinkan aku memiliki sebagian kekayaan yg Kau ciptakan, memiliki sekolah, memiliki rumah sakit, gratis untuk saudara2 ku.. Tanah Air ku Indonesia, tanahnya tambah mahal, airnya tambah kotor... Izinkan aku jadi orang kaya agar aku bisa.. sediakan tanah untuk orang2 dan sediakan Air untuk kembali aku bisa potret anak2 kecil berenang di sungai aman tanpa penyakit dari limbah."
  95. "Penderitaan tidak harus datang dari penderitaan, kebahagiaan yang di telantarkanpun bisa jadi sumber penderitaan."
  96. "Kapan kita bisa siap?.. Sebetulnya kita tidak akan pernah siap.. Nah, masalahnya banyak orang menunggu kesiapan yang seharusnya dibangun saat melakukan, karena untuk apapun yang anda rencanakan tidak akan pernah siap karena akan selalu ada pengecualian dan perubahan dari rencana dan itu harus diterima dengan ikhlas... "SEHINGGA CARA TERBAIK UNTUK BERSIAP DIRI ADALAH SEGERA MELAKUKANNYA."
  97. "Yang menjadikan orang besar atau kecil adalah PENDAPAT... kita hars memiliki pendapat kita sendiri, mempertahankannya untuk membesarkan kita dan pendapat tidak boleh dipertahankan untuk memperkecil kehidupan... PERHATIKAN!!! orang2 yang lemah, lambat, dan marah kepada lingkungannya adalah orang yang sulit merubah pendapatnya.... kalau begitu Pendapat itu bkn asal punya, tetapi kepada tepatnya PENDAPAT."
  98. "Bagaimana caranya agar tidak malas? Jangan Malas... Bagaimana caranya agar tetap bersemangat? Tetap Brsemangat... Bagaimana caranya supaya tidak ragu2? Jangan ragu2... Bagaimana caranya supaya berani? ya Berani aja... "so, semua jawaban dalam kehidupan kita itu harusnya sederhana, tetapi kita itu sering tidak percaya kalau jawaban itu tidak kompleks... Jadi kalau begitu, "LAKUKAN HAL YANG SEDERHANA, YANG SUDAH ANDA TAHU JAWABANNYA, LALU PASTIKAN ANDA SETIA DENGAN JALAN YANG SEDERHANA ITU".
  99. "Semua pandai besi pasti akan memilih, baja yang terlalu keras untuk ditempa dan dikikir tidak bisa pasti dibuangnya, karena hidup kita pendek, tidak banyak waktu, dan seorang pandai besi itu mencari baja yang cepat untuk dibentuk.. Jadi jika melihat ada orang yang keras dan sulit maka tersenyumlh karena dia bahan baku bagi pribadi yang hebat.."JADIKANLAH DIRI ANDA MENJADI PRIBADI YANG KUAT, IZINKAN DIRI ANDA MENGABDI KEPADA SEORANG YANG KUAT, LALU IZINKAN DIA MENJADIKAN ANDA WAKIL BAGINYA."
  100. "Apa tanda-tandanya orang yang masuk SURGA? jawabannya : dari bocoran2nya tanda2 orang masuk Surga adalah bahwa nanti kita di surga duduk, santai, bersandar bantal sutra hijau lalu bertanya yang baik2 ketemannya... berarti orang2 yang nanti duduk di Surga itu adalah orang2 yang sudah terbiasa dengan cara2 yang nanti dbutuhkan dengan cara2 di Surga yaitu SANTUN... artinya, "KALAU DI SURGA KITA DI JADIKAN SEBAIK2NYA, KALAU DI BUMI KITA MENJADIKAN DIRI KITA SEBAIK2NYA."
  101. "Sebahagian dari kita sedang mengkhawatirkan hal2 yang sebetulnya bisa kita selesaikan... Kalau ada suatu masalah dan bisa anda selesaikan... jangan khawatir, Selesaikanlah... Kalau masalah itu tidak bisa anda selesaikan, khawatir pun tidak akan bisa menyelesaikannya kan???... "SEHINGGA JANGANLAH KHAWATIR TERHADAP MASALAH APAPUN, SELESAIKANLAH."
  102. "Kita semua memiliki masa lalu yang kita bawa sampai ke masa kini... sebagaian dari kita membawa puing2 kesalahannya dimasa lalu sebagai penghalang langkahnya kita sekarang... Logika Sederhananya "Mengambil pelajaran dari kesalahan kita dimasa lalu dan meninggalkan sakit hatinya... karena setiap saat kita sedang membangun kenangan, pastikan orang yang anda kenal dan anda sentuh mengingat anda dengan baik... pastikan yang anda lakukan, pikirkan, dan anda rasakan itu membuat anda nanti menjadi pribadi yang bangga dengan diri anda tadi."
  103. "Kita tidak mungkin melupakan masa lalu karena untuk melupakannya kita harus ingat lagi... maka "BERFOKUSLAH PADA KUALITAS YANG KITA LAKUKAN HARI INI, MENJADI MASA LALU YANG BAIK BAGI MASA DEPAN KITA."
  104. "Siapapun...! yg tidak bekerja keras waktu MUDA, diharuskan bekerja keras waktu TUA... mulai dari sekarang temukanlah cara bagaimana supaya orang menghormati kita dan membayar kita lebih... bukan berarti kita matre, tetapi KEBAIKAN ITU BUTUH BIAYA."
  105. "ILMU UNTUK MENYERAP ILMU ORANG LAIN, adalah Tidak merisaukan kekurangan diri sendiri, ikhlas merayakan kelebihan orang lain, dan kemudian belajar untuk menjadikannya kualitas kita."
  106. "Orang yang menggunakan segala cara untuk merasa optimis dengan hebat - tetapi tidak brtindak, sedang menyiapkan penyiksaan hebat bagi dirinya sendiri... Keberhasilan ada di alam tindakan, bukan di alam angan-angan atau rencana... Sebetulnya, rencana kita sudah cukup, yang belum adalah tindakan kita... BERHENTILAH BERSIAP-SIAP, BERTINDAKLAH, KEHIDUPAN ANDA SUDAH LAMA DIMULAI."
  107. "Bermain2 adalah kehidupan anak2 yang sebenarnya, dari sanalah mereka belajar kehidupan, lalu menjadi pribadi dewasa yang tidak lagi bermain2 dengan kehidupannya.. sedangkan kita yang dewasa, masih banyak yang bermain2 dengan kehidupan, [ya].. nikmati itu, kalau memang itu yang anda sukai, akan tetapi lihatlah berapa banyak yang akan anda korbankan.. nah, jika kita sudah dewasa, hiduplah... dengan tegas untuk memilih, perhatikan bahwa setan menggunakan kelemahan kita untuk menjatuhkan."
  108. "Siapa bilang kalau ikhlas itu ilmunya orang miskin? Ikhlas adalah kekayaan yang mengikuti iman... Ikhlas itu sudah sebuah kekayaan... Orang berharta banyak yang tidak ikhlas, terpenjara dalam kegelisahan dan ketakutan kekurangan harta... Setiap jiwa, miskin atau kaya atau yang sedang menunggu dikayakan oleh Tuhan, akan menjadi sepenuhnya kaya jika dia mengikhlaskan dirinya kepada kebaikan."
  109. "Jika HATI ANDA MUDAH TERSAYAT MENYAKSIKAN KEPEDIHAN HIDUP ORANG LAIN, itu berarti Anda bukan orang biasa... Tuhan memberikan hati yang peka terhadap penderitaan sesama, hanya kepada jiwa-2 yang dipilih-Nya untuk menjadi penolong dan penyelamat bagi sesamanya... Dan tugas Anda adalah memajukan kebaikan dan mencegah terjadinya keburukan bagi sesama... Ingatlah, HATI YANG PENGASIH ADALAH HATI YG MEMIMPIN."
  110. "Bukan PENGERTIAN yg mengubah kehidupan... akan tetapi adalah TINDAKAN yg ditenagai oleh PENGERTIAN BAIK... jadi, apakah anda mengerti bahwa tidak ada rizki yang didapat selain dari Tuhan?.. tapi kok masih berharap selain dari Tuhan... katanya beriman?.. tapi kok masih tanya nasib kepada orang?.. jadi bagaimana mungkin kita tepat hidupnya... kalau PENGERTIAN yang baik tidak digunakan untuk memperbaiki TINDAKAN, ITU!."
  111. "@ Akibat dari kelahiran, yaitu KECERDASAN... konon, Ibu yg minum sarang burung saat hamil, anaknya Cerdas... Ibu saya dulu juga mencoba, tapi keliru bihun...@ Akibat dari belajar, yaitu KEPANDAIAN... yang cerdas akan dikalahkan oleh orang biasa tapi ikhlas belajar... @ Akibat dari pengalaman, yaitu KEBIJAKAN... orang yang berguru kepada pengalaman akan memimpim orang yang CERDAS dan PANDAI."
  112. "Jika engkau merindukan kekasih yang akan memuliakanmu, yang membesarkan keluargamu, dan yang mengharumkan namamu,... jadilah pribadi yg mmuliakan sesama, yang menyayangi keluarga, dan yang berhati-2 dengan kebaikan namamu di masyarakat... Perempuan yg baik, untuk laki2 yg baik... dan lelaki yg baik, untuk perempuan yang baik... KEINDAHAN PRIBADIMU MENENTUKAN KEINDAHAN PENDAMPINGMU."
  113. "KERJA KERAS DAN KEJUJURAN MASIH BERNILAI DAN MANJUR... dan itu dijamin Tuhan Jiwa-2 Indonesia tidak boleh berlama-2 hidup mengeluh dalam kegusaran untuk saling menyalahkan... Kita adalah saudara dan sahabat dalam kebenaran dan kesabaran... KITA BERHAK BAGI RIZKI BAIK."
  114. "Tahukah anda kalau pribadi yang minder biasanya akan disiapkan menjadi orang Besar... karena kalau anda sudah sombong sekarang anda akan menolak belajar, tidak patuh kepada guru dan orang tua, merusak hubungan, merendahkan orang lain... Nah, orang baik seperti kita yang disimpan dalam sikap minder, sikap kaku, sikap tidak berhak > supaya belajar menghebatkan diri, sampai suatu ketika kita berdiri di bawah sinar yang tepat dan Tuhan bilang "KAMU SEKARANG BERWENANG."
  115. "EMAS YG SALAH TARUH ITU DIKIRA KUNINGAN"... berapa banyak orang yang sekarang berkualitas emas yang sedang stres karena dibayar seperti kuningan, di taruh seperti kuningan, diperlakukan seperti kuningan... kalau kita merasa seperti emas, yok kita tampil yang gagah, yg anggun, belajar berpenampilan yang baik, katakan sesuatu yang baik dari mulut kita karena bahasa adalah pembeda kelas."
  116. "Kita melihat proses kita berat, biayanya tinggi, emosi tinggi, tenaganya banyak tapi hasilnya kok kecil... lalu kita melihat orang lain dan bertanya "prosesnya kok sederhana, mudah sambil tertawa pula, tapi kok kaya?"... dan yang membuat kita STRES adalah tidak adilnya HASIL... KALAU BEGITU, PERHATIKAN PROSESNYA, JGN BANDINGKAN HASILNYA, DAN SETIALAH PADA PROSES2 YANG DIGUNAKAN OLEH ORANG2 YG TERBUKTI BERHASIL."
  117. "Sibuk berlari tapi tidak kemana-mana (Berlari di tempat)... "Jika kita tidak memiliki kecenderungan untuk membandingkan diri dengan orang lain, maka kita tidak akan strees... semakin kita menilai kehidupan tidak adil, semakin kita tidak ingin memperbaiki diri."
  118. "So, life is simple (hidup itu sederhana)... tidak ada niat Tuhan selain memuliakan kita... masa' Tuhan yang menginginkan kita mulia lantas kita persulit dengan prioritas yang salah, dengan pembebanan perhatian yang salah... "IKHLASLAH UNTUK MENJADI PRIBADI YANG MENGUNAKAN SEKECIL-KECILNYA TENAGA UNTUK SEKECIL-KECILNYA URUSAN, DAN MENJADI PRIBADI YANG MENCURAHKAN SEBESAR-BESARNYA TENAGA KEPADA SEBESAR-BESARNYA URUSAN."
  119. "Untuk hidup dengan baik.. "kalau memanah mau tepat jangan menghitung.. kesalahan menghitung hanya datang kepada yang menghitung" apakah orang yang tidak menghitung bisa salah hitung? TIDAKKAN!.. "KEHIDUPAN ITU DISEBUT IKHLAS ADALAH KETIKA KITA TIDAK MEMPERHITUNGKAN JAMINAN TUHAN.. KEBERANIAN YANG HEBAT KALAU MAU MENGHITUNG ADALAH KEIKHLASAN.. KARENA ORANG YANG IKHLAS ADALAH ORANG YANG MELONCAT TANPA TAHU AKAN JATUH KEMANA."
  120. "Hukum sebab akibat itu nyata dan pasti, kita tidak harus menunggu hari perhitungan karena kehidupannya sekarang/hari ini adalah hasil dari perhitungan apapun yg telah dilakukannya... Hari perhitungan telah terjadi, yang baik akan baik, yang malas akan ketinggalan, rajin akan kaya."
  121. "Segala sesuatu ditentukan oleh niatnya... jika niat kita baik "dijamin Tuhan", hidup kita akan membaik, mungkin tidak segera tetapi pasti... dan jika ada seorang yang bertanya : Saya sudah berniat, tapi kok masih malas? ITU BELUM BETUL-BETUL BERNIAT!... KARENA ORANG YANG BERNIAT PASTI MENINDAK LANJUTI KEINGINANNYA UNTUK MENGUBAH KEADAAAN... SEMUA TINDAKAN BAIK ADALAH TINDAKAN KEBAHAGIAAN."
  122. "Jika kita memberi uang kepada sesorang, terus dia sombong, apakah kita akan memberikan uang kita? TIDAKKAN!... Jika memberikan pangkat kepada sesorang, terus dia jg sombong, apakah kita akan memberi pangkat kepadanya? TIDAKKAN!... Namanya anda buat terkenal, terus dia sombong, apakah akan anda besarkan namanya? TIDAKKAN!... nah, Tuhan itu tahu gak kita jadi apa kalau dibuat jadi kaya? Berarti Tuhan itu mencintai kita apa adanya kita sekarang."
  123. "Orang miskin yang berlaku seperti orang miskin yang baik, tidak akan lama menjadi orang miskin.. karena dia berhemat, karena dia bekerja keras, karena dia bersopan santun, dan dia jujur.. Sebaliknya, orang kaya yg berlaku seperti orang kaya yang tidak baik, tidak akan lama menjadi orang kaya... sombong, pelit, mengunggul-2kan harta, merasa semua bahkan hati orang bisa dibeli... BERARTI, YANG MEMBAIKAN KEADAAN ADALAH SIKAP."
  124. "IKHLAS ITU BUKAN HANYA MENERIMA YANG ADA, TETAPI TERUTAMA MENGADAKAN YANG LEBIH BAIK."
  125. "Kebaikan hati kita menentukan kebaikan kehidupan kita dan tanda seseorang yang ingin disayangi Tuhan, ia menyayangi sesama... so, yang menjadikan doa terjawab itu salah satunya adalah betul-betul ikhlas ber-Tuhan... karena dalam meminta kepada yang Maha berkuasa, kita membatalkan kekuasaan Tuhan dengan mempercayai yang tidak ada ilmunya."
  126. "Kita itu berbakat menjadi pribadi yang damai dan kuat kalau kita TEGAS menyikapi yang kecil sebagai yang kecil dan menyikapi yang besar sebagai yg besar... Kita itu sering menyikapi yang kecil itu sebagai reaksi yg besar...Yang besar seperti ; penghormatan, amanah, kejujuran, kesabaran, dan keikhlasan itu disikapi dengan santai."
  127. "Defenisi Kebahagiaan adalah kegembiraan dalam rasa damai yang penuh kesyukuran.. Orang bahagia tidak mungkin tidak gembira, tp tidak semua orang gembira itu bahagia. kenapa? karena tidak damai.. gembira karena mencuri, tidak akan damai... berarti kegembiraannya adalah hadiah dari Tuhan.. damai karena adil, jujur, tidak melanggar hak orang lain... Jadi, yang bisa berbahagia hanya orang baik, penjahat hanya bisa gembira sesaat, seperti Tuhan katakan "tunggu akhirnya".
  128. "Maka TEGASlah memutuskan bahwa : Waktu terbaik untuk berbahagia adalah sekarang... Tempat terbaik untuk berbahagia adalah di sini... dan Cara terbaik untuk berbahagia adalah membahagiakan orang lain."
  129. "So, anjurannya : Jadilah pribadi yang sangat sederhana dan sangat bersemangat... "bukan harta ku yang menjadi ku mulia, tetapi niat ku untuk membaikan kehidupan sesama"... "Bersemangatlah untuk menjadi bagian yang terpenting bagi kehidupan orang lain... lalu perhatikan apa yang terjadi!."
  130. "Kita akan menjadi "DIRI KITA SENDIRI"... setelah kita bisa ikhlas mengakui bahwa diri kita tidak ada apa-apa tanpa mereka, tidak ada apa-apa di banding Mereka sebelum kita dan belajar banyak dari Mereka yang memang mengetahui banyak dari apa yang kita ketahui... "IKHLASLAH MENJADI DIRI KITA SENDIRI... DENGAN MENIRU PERKATAAN DAN PERBUATAN ORANG-ORANG YANG BAIK HATINYA."
  131. "Semua keberhasilan terbaik Anda, akan datang setelah kekecewaan besar yang Anda hadapi dengan sabar"... Jika Upaya anda gagal, anda sudah berdoa dan meminta tolong, sudah mencoba lagi tapi tetap gagal, dan Anda pribadi yang jujur, bekerja keras dan patuh kepada Tuhan... Apa lagi kah yang bisa Anda andalkan, kecuali KESABARAN?."
  132. "Sabar itu adalah menunggu waktu antara kita sekarang sampai pada HADIAH... lalu kapan kita berhenti menunggu hadiah terbaik itu?... Jangan!!!...yang harus kita lakukan (karena sabar itu harus) adalah MEMPERPENDEK JARAK PENANTIAN HADIAH TERBAIK ITU... Kalau bagi Anda bersabar itu sulit, mau tau teriknya?... "BUAT YANG ANDA TUNGGU ITU SEGERA TERJADI, DAN JANGAN LAMA-LAMA."
  133. "Kita semua tumbuh karena kesalahan bukan karena kebarhasilan... jadi harus cepat-cepat menyelesaikan masalah kecil supaya kita banyak waktu untuk melakukkan kesalahan yang dilakukan oleh orang-orang besar... "KARENA KESALAHAN ITU MENUNJUKKAN KELASNYA ORANG."
  134. "Coba! Kita keluar mengenai kekhawatiran diri kita sendiri... Karena semua orang yang hidup untuk dirinya sendiri, Lebih mudah sedih!... dan orang yang sibuknya untuk orang lain tidak!... Ibu, yang sedang membesarkan anaknya (bayi), tidak sempat sedih!... karena Dia sibuk mengurusi anaknya untuk tidak boleh basah, tidak boleh lapar, tidak boleh menangis terlalu keras dan lama."




Kumpulan Kata-Kata Bijak Mario Teguh :

Orang yang menghindari kesalahan, tidak akan tumbuh.

Nikmatilah setiap proses kehidupan.

Orang lain adalah cermin. Ada dua jenis : cermin baik dan buruk. Cermin buruk, sebaik apapun diri kita, akan tetap memantulkan gambar diri yang bengkok. Itulah mengapa anda perlu bergaul dengan lingkungan yang baik Budi Pekerti adalah tindakan baik yang didasari oleh tujuan yang baik. Tujuan kemanusiaan dari budi pekerti adalah agar anda berguna bagi sesama.

Jika hidup dan matiku untuk Tuhan, untuk saya apa? Anda dapat apa yang Tuhan miliki.

Kebesaran orang bukan ditentukan oleh besar kecil tubuhnya, melainkan besar kecil hatinya.

Tidak mungkin ada dua benda dalam satu ruang. Pilih apa yang hendak anda masukkan ke hati anda : kebaikan atau kejahatan?
Hadiah pertama bagi orang yang melakukan kebaikan adalah kebaikan.

Penampilan terbaik dari seseorang adalah penampilan yang mewakili hati yang baik.

Manusia terindah adalah manusia yang bermanfaat untuk saudaranya.

Bagi pribadi yang tidak waspada dan tidak bersikap baik, dia bahkan akan menipu dirinya sendiri di hadapan pribadi yang mulia dan jujur kepadanya.

Harus datang akhir dari masa di mana orang mengambil keuntungan dari mengatakan dan melakukan yang tidak jujur kepada kita dan kepada mereka yang kita cintai.

Segala yang kita lakukan tidak ada yang tidak beresiko. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Ada beberapa panduan menyikapi resiko.
  • Resiko tidak seharusnya membuat kita ciut nyali, namun tidak seharusnya juga menjadikan diri sebagai orang yang tidak takut dosa.
  • Memilih sebuah hubungan adalah menerima resiko, cerminan diri kita dapat dilihat dari perilakunya terhadap kita.
  • Resiko seharusnya dapat membuat kita menjadi orang yang lebih baik.
  • Berfokuslah pada apa yang berani kita lakukan, hasilnya kita serahkan kepada Tuhan.

Jangan paksa orang untuk berubah. Berubah itu sulit. Berkasih sayanglah. Perubahan itu tidak mudah, terutama untuk memperbaiki kualitas hidup.

Inginkanlah yang mudah, tetapi jangan lupakan keharusan mu untuk menjadi lebih kuat. Bukan pemberian yang mudah yang akan memudahkan hidup mu, tetapi kemampuan yang menjadikan mu pantas bagi semua pemberian besar – yang tidak mudah untuk didapat itu, yang akan menjadikan mu penegak kehidupan yang berjaya.

Lebih mudah meneruskan apa adanya, walau pun tidak mudah hidup dalam kesulitan. Maka jangan ganggu dia yang sulit berubah, walau pun itu untuk kebaikannya sendiri. Biarkanlah dia mengutamakan yang mudah sekarang, karena dia tidak keberatan dengan kesulitannya.

Orang yang hidup hanya untuk dirinya sendiri lebih mudah untuk merasa sedih dan tidak berguna.

Tujuan hidup adalah sebuah ketetapan yang mendasari semua rencana dan kerja kita, dan yang menjadi penjaga arah perjalanan.

Kasih sayang itu sederhana. Tetapi, tidak sederhana perannya dalam mencantikkan kehidupan kita. Marilah kita mengikhlaskanlah diri untuk mengasihi pasangan kita sepenuhnya.

Jika kita sedang benar, jangan terlalu berani dan bila kita sedang takut, jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap adalah penentu ketepatan perjalanan kesuksesan kita.

Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan.

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.

Kita hanya dekat dengan mereka yang kita sukai. Dan seringkali kita menghindari orang yang tidak tidak kita sukai, padahal dari dialah kita akan mengenal sudut pikiran yang baru.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang diidamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan.

Jangan menolak perubahan hanya karena kita takut kehilangan yang telah dimiliki, karena dengannya kita merendahkan nilai yang bisa kita capai melalui perubahan itu.

Kita tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila kita berkeras untuk mempertahankan cara-cara lama kita. Kita akan disebut baru, hanya bila cara-cara kita baru.

Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan. Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap kita tepat, dan tidak ada yang bisa menolong bila sikap kita salah.

Orang lanjut usia yang berorientasi pada kesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi pada keamanan, telah menua sejak muda.

Hanya orang takut yang bisa berani, karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang ditakutinya. Maka, bila merasa takut, kita akan punya kesempatan untuk bersikap berani.

Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan stress adalah kemampuan memilih pikiran yang tepat. kita akan menjadi lebih damai bila yang kita pikirkan adalah jalan keluar masalah.

Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian kita dapat.

Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan.

Bila kita belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat kita, bakatilah apapun pekerjaan kita sekarang. Kita akan tampil secemerlang yang berbakat.

Kita lebih menghormati orang miskin yang berani daripada orang kaya yang penakut. Karena sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa depan yang akan mereka capai.

Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita ketahui, kapankah kita akan mendapat pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan.

Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin. Dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin,kita akan bisa mencapai yang terbaik dari yang mungkin kita capai.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.

Bila kita mencari uang, kita akan dipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik. Tetapi jika kita mengutamakan pelayanan yang baik, maka kitalah yang akan dicari uang.

Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi orang tua yang masih melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan saat muda.

Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan stress adalah kemampuan memilih pikiran yang tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.

Kita lebih menghormati orang miskin yang berani daripada orang kaya yang penakut. Karena sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa depan yang akan mereka capai.

Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin. Dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik dari yang mungkin anda capai.

Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita mungkin menua dengan berjalanannya waktu, tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus mengubah diri kita sendiri.

Sumber : http://www.isdaryanto.com/kata-kata-bijak-mario-teguh


Kata Bijak dari Mario Teguh

Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan bila anda sedang takut, jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap adalah penentu ketepatan perjalanan kesuksesan anda.

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.

Anda hanya dekat dengan mereka yang anda sukai. Dan seringkali anda menghindari orang yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah Anda akan mengenal sudut pandang yang baru.

Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang di idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan.

Jangan menolak perubahan hanya karena anda takut kehilangan yang telah dimiliki, karena dengannya anda merendahkan nilai yang bisa anda capai melalui perubahan itu.

Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila cara-cara anda baru.

Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan. Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong bila sikap anda salah.

Orang lanjut usia yang berorientasi pada kesempatan adalah orang muda yang tidak pernah menua ; tetapi pemuda yang berorientasi pada keamanan, telah menua sejak muda.

Hanya orang takut yang bisa berani, karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan punya kesempatan untuk bersikap berani.

Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan stress adalah kemampuan memilih pikiran yang tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.
Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian anda dapat.

Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku seperti orang yang terus memeras jerami untuk mendapatkan santan.

Bila anda belum menemkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang yang berbakat.

Kita lebih menghormati orang miskin yang berani daripada orang kaya yang penakut. Karena sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa depan yang akan mereka capai.

Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita ketahui, kapankah kita akan mendapat pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan.

Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin. Dengan mencoba sesuatu yang tidak mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik dari yang mungkin anda capai.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.

Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik. Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang baik, maka andalah yang akan dicari uang.

Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita mungkin menua dengan berjalanannya waktu, tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus mengubah diri kita sendiri.

Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi orang tua yang masih melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan saat muda.

Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan.

Sumber : http://saepulloh.blog.friendster.com/2008/12/kata-bijak-dari-mario-teguh/



Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)
Catatan ini kami tujukan untuk kami pada khususnya
dan untuk semua pembaca pada umumnya...
Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan... Amin
Wassalam...

Semoga Bermanfaat...
Silahkan COPY atau SHARE ke rekan anda jika menurut Anda note ini bermanfaat...

Lampirkan sumbernya ya... Syukron

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar