Laman

Sabtu, 19 Februari 2011

Tunas-Tunas Kebahagiaan : "Nasihat Untuk Adik ku"

 Adikku,
Saat logika tidak lagi bisa menerima, tetap yakinlah akan sayap sayap pertolongan Allah segera menundukan jahatnya prasangka, meneduhkan resah, membuka tabir tabir; jangan risau atas tunas tunas masalah yang semerbak tak kunjung henti diantara indahnya cinta dan kehidupan ini...

Adikku berhentilah menduga duga..
Saat logika tidak lagi bisa menerima, redam kegelisahannya dengan shalat. temui Rabb'mu disana, dan katakanlah; ungkapkanlah, curahkanlah titik titik di sudut matamu, lalu bangkit dan keluarlah, perhatikan kembali pagi yg terseyum kepadamu, lalu tersenyumlah, perlihatkanlah seakan semua baik baik saja. dan baca nasihat kaka semuanya...

Jangan biarkan dirimu terhanyut, karena diantara keindahan sungai alam menciptakan air terjun yang akan melemparkanmu kebebatuan, atau air akan terus menghayutkanmu, mengantarmu kepada lautan yang tidak kamu kenali.

Jangan Meluangkan waktumu untuk Cemburu. Kita tidak memiliki tubuh ini, Kita juga tidak memiliki mereka yang mencintai tubuh ini. Raga ini milik Allah, jiwa ini kepunyaan Allah, hati ini ciptaan Allah, merekapun milik Allah. Bahkan, Cinta itu juga milik Allah. Segera redakanlah gemuruh itu, palingkanlah hatimu dari Cemburu yang menipu..

Jika cinta tak bersambut, KEMBALIKANLAH kepada Dzat yg menciptakan dan menebarkan cinta cinta di bumi ini. Murnikan kembali. karena disanalah CINTAMU tidak akan pernah disia siakan! tidak akan pernah.

Adikku,
Jika kamu mencari, kamu bakal menemukan, jika kamu telah menemukan kamu bakal penasaran, jika penasaran kamu bakal bertanya, jika bertanya kamu bakal tahu, setelah tahu kamu bakal ingin lebih tahu lagi. Saat kamu merasa ingin lebih tahu lagi, disanalah kamu akan paham dan belajar memahami kehidupan.

Adikku,
Jangan bersedih jika kamu benar, karena bumi ini milik Allah!
Kesedihanmu hari ini tidak akan mengurangi kesedihan yg akan terjadi besokkebahagiaanmu hari ini tidak akan mengurangi kebahagiaan yg mungkin akan kamu alami besok
Jadi berbahagialah, agar kebahagiaanmu lebih lama.

Adikku,
Sungguh tidak ada kata yang lebih bijak dari pemahaman, pahami saja, apapun itu.  karena didalam pemahaman terukir indah rangkaian kata empathy, maaf dan cinta bahkan ikhlas!"

Adikku,
Jika semilir angin yang menyapa pagi dan membelai dedaunan seperti mengejekmu,.bersabarlah, sesungguhnya Tuhanmu tidak begitu.

Lihatlah Adikku!  
Allah yg maha sabar dan membiarkan orang orang kafir tetap hidup, Lihatlah! Allah yg memberi kesempatan kepada hamba hambanya yang menikmati dosa dosa dengan isyarat Nya atas kehidupanmu hari ini.

Adikku,
Ketika kamu merasa PANTAS untuk MARAH,.mungkin disanalah IBLIS mulai merayakan kemenangannya dan membisikan kata "sabar itu ada batasnya, lampiaskanlah..."

Adikku,
Ingatlah Usia IBLIS itu lebih tua dari Adam Alahihissalam sekalipun, jadi waspadai kehalusannya, perhitungkan pengalamannya, ingatlah selalu misi panjangnya dalam menjerumuskan seluruh Manusia. Na'udzubillah!

Adikku,
Cemburu itu ga baik buat "kesehatan"... ^_^

Adikku,
Jika embun tak lagi bening, jangan salahkan debu atau dedaunan yg setia menahan'nya disetiap pagi yang terencana..  Karena daun'pun tidak pernah menyalahkan angin ketika ia terlempar, belajarlah dari keikhlasannya merelakan pucuk pucuk segar yang mengintip di celah ranting..."

Pahamilah Adikku,
bahwa tiap gesekan yang memilukan itu adalah untuk mempertajam pisau mata hatimu, agar peka terhadap dunia yang tak terduga ini, wahai bidadari kecilku.. Setiap butiran air mata yang terjatuh tidaklah diam. dia telah menembus jarak dan waktu untuk mengadu, menemuiku. dan kudengarkan setiap lirih keluhannya ..

Adikku,
Hati manusia itu sejatinya indah dan cendrung senang terhadap keindahan karena penciptanya sendiri maha indah dan menyenangi keindahan. tapi, ketahuilah, penyakit hati telah merusaknya hingga dunia yg indah dan luas ini terasa sesak.

Adikku,
Jika kmu masih mengatakan sabar itu ada batasnya, artinya belum sabar. tetaplah dalam kesabaran, jika masih saja sulit. seperti itulah sabar..

Dunia ini adalah persinggahan Adikku, selagi kita singgah nikmatilah yang ada seadanya.. tapi jangan lupa tempat singgah itu bakal kamu tinggalkan untuk selama lamanya karena dunia ini, keseluruhannya adalah persiapan persiapan.

Adikku,
 Kita tidak mungkin memeluk dunia yg luas ini dengan keseluruhan ilmu dan upaya yang kita upayakan. tapi "jaringan" yg kita bangun dari persahabatan, akan memperpanjang langkah dan memperlebar sayap kita untuk bisa terbang mengarungi keindahannya..

Adikku,
Jika tidak mampu menjadi manusia yg bermanfaat bagi yg lain, cobalah jangan menjadi parasit. (Jangan ganggu kakak ^_^) lihatlah angrek, meski hidup menempel dipohon tapi dia memperindah si pohon dan tidak pernah mencuri makanan si pohon.

Adikku,
Tebarkanlah kebaikan kepada siapa saja, insya Allah kebaikan akan datang dari sudut sudut yang tidak kamu duga saat kamu butuh kebaikan dari orang lain.

Tebarkanlah senyum, karena kemungkinan terjelek dari prilaku itu hanya satu (senyumu tidak dibalas) selebihnya adalah manfaat dan kebaikan.

Adiikku,
jangan cemberut. Dengarkan kakak, Jika gairah semangat yg mengalir dari hatimu melemah MAKA seluruh tubuhmu akan LEMAH. pahamilah bahwa tubuhmu itu kuat dengan segala kesempurnaannya, jagalah kobaran semangat di Jiwamu, tetap melangkah. bangkitlah. karena waktu akan meninggalkanmu sejauh lamanya waktu kamu terhenti. !

Adikku,
Merasa sepi atau kesepian itu tidak dipungkiri kadang kadang memang terjadi dihati manusia, kaka juga gitu, tapi jangan terlarut, karena ketika hatimu sepi disana JIN bisa masuk ketubuhmu.. begitu juga bisikan bisikan kebosanan hidup dari IBLIS. hangatkan hatimu dzikir

Adikku,
Jangan biarkan dirimu tertipu dengan keindahan dunia ini. Jangan biarkan hatimu mengeras lagi setelh Allah lembutkan..Jangan biarkan sayap kesombongan membawamu terus terbang hingga kamu trlupa bahwa sayap itupun pemberian dari Allah..
Berdo'alah, mintalah kepada Allah agar hatimu di Lembutkan Dan di kuatkan dlm memikul beban itu..

Adikku,
Ketika kamu terjaga dari mimpi indahmu di suatu pagi atau dimanapun, lihatlah orang disampingmu, karena itulah kenyataan yang lebih berharga dari semua mimpi dan ilusi masa depan.

Adikku,
Orang tegar adalah bukan orang yang tak pernah bersedih, karena semua dari kita terlahir dari masa lalu dengan segala 'kenangan'nya. Orang tegar adalah sebuah pribadi yang mampu mengalihkan dan segala kesedihan yang menghampirinya, untuk kemudian mengendalikan kesedihan dan penderitaan dimasa lalu itu serta mengubahnya menjadi energi positif untuk membangun hari ini agar menjadi kenangan INDAH untuk masa depannya.

Ingatlah Adikku,
Hari ini pun akan Menjadi masa lalu.

Adikku,
Selama itu kamu memutuskan untuk bersedih, selama itu pula kamu akan bersedih.. sampai kenyataan lain menghentakmu! menyeretmu dalam kesadaran bahwa waktu terus begeser meninggalkanmu ditempat itu.

Adikku,
Untuk bisa lari cepat, kita butuh pemicu dan pemacu;
Ketika dikerjar ANJING kita di picu dengan rasa takut, dan di pacu dengan anjing yg terus menerus mengejar.. jadi jangan mengeluh dengan ujian hidup yg terus menerus karena itu adalah PEMACU agar hidup, dan benar benar hidup!

Adikku,
Orang yg sibuk memperhatikan keburukan orang lain dapat dipastikan dia sedang terlupa dengan dirinya. Padahal peluru kematian sedang melesat! menuju arah mereka, menuju kita, dalam jarak yg tidak diketahui!

Adikku,
Cinta itu seperti desiran angin, tak perlu tergesa dan berlari untuk membuktikan keberadaannya. karna desiran itu cukup untuk dirasakan dan membuktikan kehadirannya. Perhatikan saja lukisan lukisan senyum dihatimu, atau getaran yg menghangatkan sudut sudut hatimu.. itulah bahasa cinta.

Adikku,
Jika dunia memberikan 1000 alasan untuk menangis, ciptakan sejuta alasan untuk tertawa.Jangan terlalu di dramatisir..

Adikku, Hidup itu 'ngga jauh beda dari sugesti' difikiran mu.

Adikku,
Jadi manusia harus punya prinsip, tapi jangan sampai jadi korban prinsip.
Jika sudah ber-prinsip, jangan memaksakan prinsip itu kepada orang lain. carilah sahabat yang satu prinsip, atau, pahami prinsip prinsip mereka.berhentilah berusaha mengubah orang lain. disana akan kamu temui, semua orang adalah sahabat kita.

Adikku,
Orang sukses adalah orang biasa biasa yang memiliki keteguhan luarbiasa. Keteguhan dlm berkeinginan - merealisasikan - istiqamah menjalani, untuk kemudian bersabar menerima hasil dan ikhlas menjalani perannya di dunia ini.

Adikku,
Dunia ini indah dan menakjubkan, isi dunia ini telah Allah cukupkan untuk mengisi jiwa jiwa dan perut perut mahluknya, hanya saja manusia kadang terlalu rewel dan memilih, hingga ia tidak "benar benar hidup" dalam hidupnya.

Adikku,
Hatimu adalah radar kendali yg akan menuntunmu kemanapun langkahmu terayun, dengarkanlah fatwa hatimu..

Tak ada yang lebih Halus dari Suara Hati di kala ia Menegur kita tanpa suara?
Tak ada yang lebih Jujur dari Nurani, ketika ia menyadarkan kita tanpa kata-kata?Tak ada yang lebih Tajam dari Mata Hati, ketika ia MENGHENTAK kita dari berbagai kesalahan dan kealpaan yg berulang ulang?

Adikku, Bersiaplah. berbahagialah; bersiaplah sebelum badai itu datang, bersiaplah sebelum prahara itu mengikat hati dan logikamu bersiaplah, karena hari hari tidak akan pernah mudah. Jika badai itu telah datang, dan matamu mulai berkabut sambutlah, hadapilah, karena itu tidak akan lamapertolongan Nya itu dekat, guncangan itu semata untuk menguatkan pilar pilar imanmu..

Selagi badai itu belum terlihat, berbahagialah..

Adikku,
Mulai harimu, pelihara hatimu, redam kegelisahanmu dan larutkan kemarahanmu dengan senyum. Saat itulah kebahagian kecil terlahir, karena dunia akan tersenyum kepadamu saat kamu tersenyum. ^^

Adikku,
Menyalahkan orang lain itu mudah, hingga orang bodoh pun bisa melakukannya...  Diam dan perhatikan, apakah "dirimu" telah cukup sempurna hingga berani menilai ?!

Adikku,
Jadi kepala 'cacing' itu lebih terhormat daripada menjadi ekor 'ular',. tapi bagi mereka yg mengaku dirinya hanya sebagai 'cacing' di dunia ini, jangan pernah menyalahkan siapapun jika suatu saat 'terinjak

Adikku,
Besar kecil itu sama sekali tidak berpengaruh di zona sukses mu. kualitas dan kecepatan yg akan membuatmu tampil beda dan 'diperhitungkan' kompetitor. Belajarlah dari "peluru" yg bisa menembus apa saja.

Adikku,
Kesempatan itu harus dicari, dan hidayah harus di jemput..dari kesemua teori teori itu, usaha dan, realitas dilapanganlah yg paling menentukan kesuksesanmu. Allah'pun melihat seberapa keras keinginan dan kesungguhanmu.bersabarlah, kadang dunia memang tidak bersahabat.. itulah dunia, dan kita sedang hidup di dunia, berusahalah! selama nafas berhembus, selama mata berkedip dan selama nadi masih berdenyut denyut..!

Adikku,
Orang sukses dan orang gagal itu sama, mereka sama sama memiliki mimpi yg indah. bedanya 'sedikit saja. jika 'orang sukses' ketika pagi datang ia terbangun dari mimpi dan berlari mengejarnya. orang gagalpun sebenarnya bangun, tapi dia tidur lagi... Lalu setan membisiki di telinganya "tidurlah malam masih panjang"... dan orang gagal menurutinya

Adikku,
Aktor yg sukses dan menjadi besar adalah aktor yg patuh dan mengikuti apa skenario dan sutradara.. dan dia menerima serta menikmati perannya di panggung. Adikku, Duniapun panggung sandiwara, skenarionya AlQur'an yg dijelaskan sama Al Hadits, sutradaranya Allah ta'ala. patuhlah sama sutradara karena kebahagiaan ada pada penerimaan, penerimaan > keikhlasan. Disana kita akan sukses dan bahagia, apapun peran kita.

Adikku,
Beban orang kecil itu lebih kecil. beban orang besar diringankan jasa orang orang kecil, tapi orang besar biasanya lupa berterimakasih sama orang kecil dan orang kecil biasanya lebih banyak mengeluh atas beban kecilnya.

Adikku, 
Orang bahagia, itu bukan orang besar, bukan juga orang kecil. tapi orang yg bersyukur dan menyukuri serta rela dan merelakan diri atas peran yg dipilihkan Allah ta'ala

Adikku, Dunia ini sebentar. dan itu persiapan untuk masa yg abadi.

Adikku Ingatlah,
Bahwa hari ini adalah masa depan yg dulu kita ceritakan. ingat juga, bahwa hari ini bakal menjadi masa lalu yg akan kita ceritakan. jadi buat cerita itu indah, tak usah khawatir karena hari ini pun akan menjadi masa lalu.

Adikku,
Salah satu ciri komputer "tidak sehat atau sakit" itu adalah ketika diperintah dia diam saja alias nge-hang atau malah "membantah!" dengan bahasa dia. nah; manusia yg membantah ketika diperintah Rabb-nya itupun tidak sehat/sakit!

Adikku,
Jangan mengatakan DIAM itu emas hanya ketika kita terpojok.

Adikku,
jangan katakan dirimu seperti itu karena Lingkungan, karena kamu juga bagian dari 'lingkungan'.

Adikku,
Takut pada kematian itu Salah, Takut Hidup juga Sangat salah. Keduanya Harus Kita persiapkan, me-manage kematian itu penting bahkan lebih penting dari managerial Hidup.

Adikku,
Prahara kekhawatiran itu ada, dan selallu ada karena itu manusiawi. kita hanya harus mengendalikan dan meredamnya dengan Iman, serta menetralisirnya dengan Ikhlas. Ikhlas. Ikhlas.. Ikhlas dan Ikhlas.

Adikku,
Jika kita semalaman penuh kita khawatir akan kejadian yg akan menimpa kita besok pagi, atau kita hanya menghawatirkannya selama "1jam saja" atau cukup 5 menit. itu sama saja, sesuatu yg dikhawatirkan tidak akan berkurang dan bertambah. begitupun jika anda terlarut dlm kehawatiran bertahun tahun, sama saja.

Jadi Adikku jangan khawatir, pertolongan itu dari Allah. lanjutkan bahagia hari ini

Adikku,
Kesungguhan, Keyakinan dan Istiqamah, Adalah Zona Sukses sedangkan Ikhlas adalah Benteng dan Obat dari keputusasaan. Mulailah! dan Tinggalkan Kekhawatiran, karena kehawatiran TIDAK AKAN PERNAH mengurangi Apa Apa yg Kamu Hawatirkan tentang sesuatu yg Akan terjadi, selama Apapun khawatir itu Dipelihara..

Adikku,
Seperti perut, otakpun perlu aktifitas. jika perut tanpa aktifitas akan lapar. otakpun butuh makanan, sama dengan perut; jika menu 'makanan otak' tidak ganti atau tidak dikasih makanan, disanalah timbul perasaan BOSAN.
Makanan otak itu bukan nasi goreng, diantaranya mendengarkan atau membaca nasihat dan hal lain yg memacu adrenalin. Makanya dengerin nasihat Kaka ya..

Adikku,
Sabar yg berkuaitas itu bukan pasrah setelah tidak ada pilihan, tapi tabah TEPAT saat musibah itu terjadi. Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda;
"Sabar yang sebenarnya ialah sabar pada saat bermula (pertama kali) tertimpa musibah". (HR. Bukhari)

Adikku, Jangan segan segan merendahkan hati, semakin kita merendahkan hati kita, semakin Allah mengangkat derajatnya. Rasulullah Shalallahualaihi wassalam bersabda;
"Barangsiapa rendah hati kepada saudaranya semuslim maka Allah akan mengangkat derajatnya, dan barangsiapa mengangkat diri terhadapnya maka Allah akan merendahkannya". (HR. Ath-Thabrani)

Adikku,
pasti ade tau bahwa kita akan mati. Kebanyakan manusia percaya akan mati. Kebanyakan mreka juga tau bahwa akhirat itu kekal, tapi beberapa dari mereka LUPA bahwa neraka juga kekal ! Ingatlah neraka dan pedihnya kematian, insya Allah kesulitan dan beban berat hidup akan terasa ringan..

Adikku,
Umpan yg istimewa harus disertai kail yg berkualitas, tali dan doran yg kuat, serta pilihan waktu dan tempat yg strategis.. Baru disana kita boleh mengharapkan ikan.besar kecil ikan yang kita dapat'pun berbanding sempurna dengan kesabaran dan keyakinan yg kita bubuhkan.

Adikku,
jangan tergesa. Semua manusia yg berfikir, tepat saat ini dan seterusnya sedang berlari mengejar harapannya masing masing.

Berlarilah... jangan berhenti, karena selama kamu berhenti selama itu kamu tertinggal,. Tapi tidak semua manusia itu sadar, atau setiap saat sadar bahwa mereka akan melewati satu jembatan yg pasti akan dilewati, jembatan Ajal.

Adikku, 
Airmata adalah bahasa hati, saat ia menetas menelusuri pipi diringi nafas yg tersedu. itulah kejujuran. cerminan hati yg lembut, yg mencintai keindahan.biarkan ia menetas hingga resah itu hilang. jika resah itu masih bersemayam, biarkan dia mengadu kepada peraduan trindahnya. Allah. Allahlah tempat mengadu.

Adikku,
Maksimalkan professionalitas dalam beramal, jaga kadar keikhlasan dan keistiqamahan. taburkan senyum yang berkualitas disetiap permulaannya, dan tanamkan positive feeling, disetiap kegagalan untuk meredam keresahan dan kekhawatiran.

Insya Allah, tunas tunas kebahagiaan akan bertebaran disetiap jalanan yang kalian lalui.

Ingatlah selalu nasehat kaka.
Jaga Hati.. Jaga Keindahannya. Karena Perasaan kita akan mempengaruhi pola berfikir, pola berfikir akan mempengaruhi pola bicara, pola bicara akan mempengaruhi tindakan dan tingkahlaku. tingkah laku yg berulang itu akan menjadi kebiasaan, dan kebiasaan akan menjadi karakter atau pribadi..

Mengubah pribadi ini sulit, tapi kita bisa memulainya dengan mengarahkan perasaan baik agar fikiran kita baik dan gak suudzon sama kakak ^_^

Maaf ya..
Kakak ngomel mulu, itu semua agar hati Ade Cantik!
Kalo hati ade cantik.. wajah ade juga akan cantik.. dan hidup ade akan Cantik..

Insya Allah disana adik manis bisa merasakan betapa sempurnanya, betapa nikmatnya dan betapa Indahnya Islam Kita.


Maaf juga sedalam dalamnya jika Catatan ini terkesan menggurui kepada saudara saudari yang Usianya diatas ana, Anggap saja bukan ana yang bicara. 

Rasulullah Bersabda;
 "Kebijaksanaan adalah tongkat yang hilang bagi seorang mukmin. Dia harus mengambilnya dari siapa saja yang didengarnya, tidak peduli dari sumber mana datangnya". (HR. Ibnu Hibban)

Nuruddin Al-Indunissy
Riyadh 2011

Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=300270049954


Adekku,
menangis tidak menandakan kamu lemah, sejak kamu lahir dulu, menangis itu adalah tanda bahwa kamu hidup, paham kan? Jadi jika kamu pagi ini merasa nyerah dan sedih, berbahagialah, setidaknya itu tandanya bahwa saat ini ade masih hidup ;)

Cepetan senyum... Jangan nangis, jelekk! jangan memulai hari ini dengan Pesimis. dengarkan nasihat nasihat kaka lagi..

Adekku,
Tau kan bakteri bisa menggandakan dirinya hingga 60 juta dalam 4 jam.
Bayangkan 60 juta bakteri itu dalam 4 jam kemudian? Terus siapa coba yg memberikan Nyawa atas bakteri2 itu? yg memelihara hidup dan menentukan kematiannya secara sistematis?

Perhatikan juga se'ekor cicak yg bertubuh gemuk dan sehat, lalu amati apakah dia punya sayap? sedangkan makanan beliau beliau ini adalah nyamuk? Nyamuk yg punya sayap dan terbang?

Allah lah Tuhan yang telah memberi makan mereka, kita dan seluruh mahluk bumi ini.

Allah lah yang menyeru kepada awan untuk segera meneteskan titik titik hujan kepada bumi yg kehausan
Allah lah yang membangunkan Jiwa jiwa putus asa, Allah lah yang membuka kembali Hati Hati yang terkunci dengan Sejuk Hidayahnya

Allah juga yang telah melembutkan kembali kerasnya Hati, Berbahagialah saat hati itu lembut, dan jagalah. Agar sinarnya memancarkan kebahagiaan kepada setiap Wajah yg kmu temui.

Adikku,
Allah memberikan kita ujian itu agar Kita Ingat kepada Nya, Agar Kita tidak Bosan Dengan Hidup Ini.. Karena saat kita baik baik saja, Kita cendrung Lupa dan melupakan Nya. Tafakuri rasa sakit itu dan Temukan Inspirasi didalamnya

Coba lihat; Ketika salah satu saja, gigi kita sakit.. kita menyadari seberapa Harga dan Arti Gigi itu.
Ketika Gigi Kita sehat, Kita cendrung Lupa dan melupakan fungsinya yg Hebat!

Saat jari kita terluka lah, kita menyadari betapa pentingnya arti jari tersebut.
Hidup itu pilihan pilihan, mati itu kepastian dan akhirat adalah keadilan.

Adekku,
Jika hidup terasa mulai tidak adil dan merasa tak ada yg peduli dengan dirimu, ingatkah Allah sangat peduli denganmu. dan nantikanlah peradilan Nya di akhirat,.

Dunia ini hanya persinggahan..

Tetaplah berharap, Adikku,. 
Karena harapan itu diperuntukan untuk mereka yang masih punya harapan. tetaplah berharap, karena Ampunan Nya melebihin Harapan yang mungkin benak kita lintasi.

Jika gerimis khawatir mulai bertaburan menuruni senja dihatimu.
Dan orang orang yg menjadi sumber harapan mulai membencimu,.
Perhatikanlah baik baik, sosok sahabat ada disekitar hatimu, beridiri, dan tersenyum meraihmu..

Jangan khawatir, kakak juga ada disana.
Menjadi kakak terindahmu ^_^ yang menginginkan semua adeknya Bahagia dan memahami arti kehidupan.

Adikku,
Jangan sesekali ucapkan selamat tinggal, pada satu hati yg kamu benci hari ini. jangan juga membuangnya ke sampah kenangan, hargai kebencian itu, karena itu akan jadi bagian masalalu.
Dan kita terlahir dari masa lalu..

Adikku,
Memang satu saat kita akan merasakan diri kita terjebak dalam satu hal tersulit! disana tidak ada celah dan penolong!! lalu tiba tiba kita tersadar, bahwa Allah ada disana..
Dan disitulah kita merasakan Indahnya Hidup. Hidup yang sebenarnya..
Jangan khawatir karena sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat

Ingat bahwa semua dari kita pagi ini telah diberi kepercayaan oleh Allah untuk hidup kembali di hari ini, mencari kebahagiaan dan bekal.

Dialah Allah, Tuhan yang telah membangunkan Kita tadi pagi dari lelap tadi malam..

Adikku,
Sempatkan tersenyum untuk hatimu; jika masih saja sakit, ikhlaskan.
Karena itulah satu satunya obat terbaik untuk menetralisir setiap penyakit hati yg menjalar di dadamu.

Adek tau kan Ikhlas? 
Ikhlas itu arti sederhananya rela, kerelaan yg berdasarkan pengetahuan.
Ade lihat deh reaksi wajah temen Ade saat ada anjing galak yang menghampirinya.
Pasti dia akan lari secara sukarela.. tanpa dipaksa. Bahkan setelah lari 500 meter dan anjing itu pergi, dia itu akan berbahagia.. tidak mengeluh meski terengah engah menempuh jarak ratusan meter.

Seperti itulah Ikhlas.
Kita akan ikhlas dan berbahagia jika kita sadari bhwa susah payah yg kita jalani itu adalah telah direncanakan untuk kebaikan kita, kebaikan yang abadi diakhirat.

Jangan hawatir, Adekku
Allah maha tahu atas segala galanya.
Lupakan hari yang udah terlewati, Abaikan getaran yang masih tersimpan.
Allah telah meletakan kedua mata kita di depan, agar kita melihat kedepan, karena melihat kedepan lebih penting dari pada melihat kebelakang.

Adekku, hidup ini Indah.
Nanti ade akan rasakan, Indahnya memperhatikan harapan itu perlahan berubah menjadi titik titik nyata. berbahagialan, karena kita berdiri di hari ini. sebuah 'situasi' yg dulu kita sebut masa depan..

Adekku, semua ini hanya sementara.
Bencana yang menimpamu bukanlah untuk menghancurkan semangatmu, Tapi untuk mengujimu, mengukuhkan imanmu, menguatkan pilar-pilar keyakinanmu, dan sentuhan lembut Agar kamu tidak Bosan dengan Hidupmu.

Pahamilah bahwa SEMUA INI hanya sementara,..

Memang, sangat mudah suasana hati manusia berubah..ada sayang ada benci..tapi yakinkanlah kasih sayang Allah tidak pernah berubah

Pahamilah bahwa SEMUA INI hanya sementara,..
Karena keabadian hanya ada disana,. .
Pahamilah, bahwa ketenangan itu hanya ada disana.
Bersabarlah, tentanglah hawa nafsumu, ridhokanlah atas takdir-Nya dan berpegang teguhlah pada perintah-perintah-Nya.

Adekku,
Orang bahagia itu bukan orang yg bisa menaklukan tantangan dan rintangan hidup, tapi orang yg bisa menikmati rintangan demi rintangan itu, karena hidup tidak akan pernah lepas dari ujian..

Pancarkan kebahagiaan dari hatimu melalui ukiran senyumu..sinarnya akan membahagiakan orang disekitarmudan pantulannya akan membahagiakan kita. itulah indahnya nilai nilai islam, addinul islam..

Tak ada artinya bersedih untuk hal yg akan terjadi besok, karena 'kesedihan' kamu hari ini tidak akan mengurangi sedikitpun 'kesedihan yg akan kita alami besok. begitu juga dengan bahagia, kebahagiaan yg akan kita peroleh besok tidak akan berkurang jika kita mulai berbahagia dari hari ini.. maka, berbahagialah. karena kebahagiaan itu tidak terletak di tujuan, tapi terletak dalam sebuah proses.

Adekku,
Ingatlah Cinta dan Kebencian adalah tenaga natural spektakuler yang menggerakkan kehidupan ini.
Manusia yg cerdas bisa mengalirkan energi besar dari 'kebencian yang mendalam' kepada titik pencapaian yang ia tuju.

Adekku, dengarkan kaka lagi.
Memang tidak berdosa berbuat sesuatu yg tidak kita ketahui bahwasannya itu dosa, tapi ketahuilah bahwa ini adalah isyarat kenapa menuntut ilmu itu wajib.

Adekku,
Allah telah menyimpan gelora semangat kita di tempat yg sempurna; diantara tengkorak kepala dan kerangka dada yg KOKOH, tidak ada yg bisa meruntuhkannya selain kecendrungan kita terhadap apa yg kita fikirkan dari lensa mata dan dua telinga.. makanya. Jaga, Saring dan arahkanlah, Kedua indra itu. hindarkan keduanya dari hal hal yg TIDAK PENTING dan merusak keyakinan..
Dan Ilmu adalah Filter yg akan Memperkokoh Iman.

Adekku, Jika waktu terasa lambat, jangan mengeluh... 
Ingat bahwa semua ini adalah proses, dan kita harus bersyukur agar kita berbahagia dalam semua 'proses' menuju titik kesuksesan yg kita targetkan, berbahagialah dari sekarang agar kita lebih lama berbahagia. :)

Adekku,
Lebih baik berfikir dua, tiga kali daripada dua, tiga kali menempuh jarak yg sama..
Berfikir sebelum melangkah. manfaatkan waktu dengan cerdas. karena jika kita pergi suatu tempat yg tidak kita ketahui, kemungkinan kita akan berhenti disuatu tempat yg tidak kita ketahui juga. .

Adekku,
Kita tidak patut bersedih, karena dunia dan segala isinya ini akan kita tinggalkan. dan Kehidupan ini akan Lebih Pendek dari yang Anda Bayangkan. Ridha'kanlah karena Keridhaan Hati akan Menghilangkan Kesedihan. La Tahzan..

Adekku,..
Saat kita marah, saat dada kita terasa sesak. saat hati kita terasa membesar memenuhi dada, atau sebuah situasi yg disebut gondok! disaat itulah mungkin Allah tabaroka wata'ala ingin menunjukan kepada kita tentang KEBERADAAN hati kita yg sering kita lupakan....

Dan begitulah yg saudara kita rasakan saat kita marahi, masya Allah...

Adekku,
Kebahagiaan natural akan kita rasakan saat kita bisa membahagiakan orang lain. kita bisa membahagiakan setiap orang yg kita temui dengan satu lemparan senyuman.Tingkatkan KUALITAS SENYUM kita, agar wajah kita menjadi ladang ibadah yg tak akan pernah habis..

Rasulullah bersabda;
"Wahai manusia, tebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah silaturahim dan shalatlah kalian pada saat manusia tidur malam, maka kalian akan masuk surga dengan tenang". [HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim]

Adekku,
Kita tidak bertanggungjwab atas apa yg orang 'pikirkan' tentang kita, tapi kita bertanggung jawab terhadap apa yg telah kita lakukan sehingga membuat orang 'berfikir' tentang kita.

Adekku,
Jika sabar itu mudah, tentu semua orang bisa melakukannya. .
Jika semua paham dan bisa bersabar atas segala sesuatu yg menindih logika kita, tentu dunia ini penuh dengan pujian dan kata kata syukur atas nikmat nikmatNya.

Adekku, Islam itu mudah, islam itu indah. jangan dipersulit..
Jika ketebalan IMAN kita memang turun naik, usahakan SEMANGAT kita jangan turun. karena bukan tidak mungkin, saat semangat kita turun, kompetitor kita merebut peluang yg kita abaikan..

Saat kita terjebak macet, sementara jam sudah bergeser 5 menit dari jadwal kerja, kita begitu menyesal... dan begitu merasakan harga 5 menit itu. Tanpa kita sadari macet ingin mengingatkan kita, begitu banyak waktu berharga kita yg terbuang sia sia dalam 24 jam keseharian kita?

Oh iya, Adikku..
Meski kaka ga soleh, kaka ingin semua ade kaka soleha dan disayang Allah.
Ade jangan lupa pake jilbabnya ya.... memang sih, tidak semua wanita berjilbab itu soleha, tapi wanita soleha itu pasti berjilbab ;)

Kaka heran, jika hidup ini pilihan pilihan, kenapa hanya sedikit wanita yg memilih untuk menjadi wanita sholehah yang hidupnya dikagumi dunia dan di nanti syurga?

Jika Allah ta'ala menjadikan Islam itu Mudah..
Bukan berarti hal Wajib bisa menjadi Sunnah...
Dan jika, Berjilbab itu wajib,.
Bukan berarti wanita bisa seenaknya pamer aurat dan mengatakan aku belum siap.
Wajib tetap harus dilaksanakan dan dosa tetap ditulis..
Dan ini Ketetapan Allah.

"Adakalanya nuur Illahi itu turun kepadamu, tetapi ternyata hatimu penuh dengan keduniaan, sehingga kembalilah nuur itu ke tempatnya semula. Oleh sebab itu, kosongkanlah hatimu dari segala sesuatu selain Allah, niscaya Allah akan memenuhinya dengan ma’rifat dan rahasia-rahasia." [Syaikh Ibnu Atho’illah : Al Hikam]

Kita sangat menyesal saat kita tahu kita telah suudzon terhadap sahabat kita, padahal ternyata dia benar. yang sering kita lupa adalah ketika bersuudzon kepada Allah.. pernahkah terpikir akan SEBERAPA BESAR penyesalan kita di hari hisab nanti ?

Waktu itu singkat, mati itu dekat, berbuat salah itu mudah, amanah itu susah.,
Ikhlas itu sulit, amal kebajikan itu abadi dan bermaafan itu indah, mohon maaf dari hati yg terdalam...

Hati yang lembut akan menerima kebenaran dgn mudah, dari siapapun datangnya. berbahagialah kepada hati hati yg sedang lembut, karena itu adalah salah satu Nikmat dari Allah..

"Kebijaksanaan adalah tongkat yang hilang bagi seorang mukmin. Dia harus mengambilnya dari siapa saja yang didengarnya, tidak peduli dari sumber mana datangnya". (HR. Ibnu Hibban)

“Sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada.” (Al-Hajj: 46)

Jika kaka salah, maka pukulah hati kaka dengan cara terbaikmu. tapi jika kaka benar, jangan puji kaka. karena itu akan meruntuhkan diding keikhlasan yg susah payah kaka bangun. .

Adek manis.
Dari hati kakak sengaja alirkan apa yg terlintas melalui jari jari kecil ini, semata untuk berbagi motivasi untuk adek adeku di manapun, semoga menjadi penuntun dalam kebersamaan dalam mencari dan meraih ridho Allah.

Adek manis,
Nasihat kakak diatas bukan dakwah, hanya sentuhan kecil. Kaka hanya ingin menyampaikan bahwasannya semua hari hari adalah bahagia, hanya jika qta menyadarinya.

Adekku, tidak selalu wajah tersenyum itu mencerminkan Hati yang berbahagia, tetapi Hati yang berbahagia Pasti akan memancarkan wajah yang Tersenyum.

Jaga Hatimu, buat hatimu tersenyum ^_^

"Apabila anda pikir anda BISA, anda benar. Apabila anda pikir anda tidak bisa maka anda pun BENAR. Impian selalu berlari lebih cepat dan selalu berada di depan kita. Jika kalian selalu mengikuti orang banyak, niscaya kalian tidak akan pernah diikuti oleh banyak orang."

Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=300422419954

Adikku,
melalui goresan pena sederhana ini Izinkan kaka menerjemahkan dan menanamkan keindahan Al Islam ini disuasana wajah wajah pagi hati kalian yang masih segar sebelum badai kehidupan mengguncangmu, dan membawamu menjauh dari indahnya nur Illahi.

(Afwan kepada Ikhwahfillah semua yg ana tag jika tidak berkenan, ana titip tag-nya agar bisa tersebar lebih luas lagi dan sampai kepada yg memerlukan tausiyyah sederhana ini. jazakallah)

Adikku yang indah,
Islam ini bukan hanya sekedar Bahasa Halal Haram atau Syurga dan Neraka, Islam adalah jalanan indah, Islam ini seni dalam memahami keindahan arsitektur Allah Aza Wajala yang terlukis merdu dalam lukisan dunia. Keindahannya adalah hanya cerminan setitik keindahan dari Syurga, dan kesulitannya adalah cerminan dari pedihnya Azab Neraka yang digoreskan melalui bencana bencana.

Adikku, maafin kaka yang terkesan menceramahi di nasihat sesi tiga Ini.

Adikku, jangan pergi dulu. Banyangkanlah dirimu yang cantik itu sedang berdiri berdebar debar di bibir jurang neraka yang penuh sesak dengan para iblis iblis pendosa... Adakah sekiranya, saat itu kecantikanmu mengurungkan malaikat jabanniyyah melemparmu keneraka?

“Takutlah kepada Allah di manapun kamu berada dan iringilah (balaslah) keburukan dengan kebaikan niscaya dia akan menghapusnya serta pergauilah manusia dengan akhlak yang baik.”  (HR. at-Turmudzy dari Dari Abu Dzarr | Hadits Hasan Shahih)

Kaka bukan ustadz dan Ini bukan dakwah, kaka hanya ingin menanamkan pemahaman mendalam melalui sentuhan kecil bahwasannya segala ujian yang menimpa itu agar kita Lebih Siap mengarungi dunia ini, untuk mencari bekal dikehidupan yg sebenarnya; AKHIRAT YG ABADI.

Adikku, sebenarnya kewajiban itu bukan paksaan,
Tapi pengkondisian, agar manusia dan hatinya menemui seni ke.b.a.h.a.g.i.a.an dalam naungan cintai Rabb-nya serta mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat,. Sementara, Syurga & Neraka adalah konsequensi- yang tak terelakan, karena kita adalah hamba.

Adikku,
Orang cerdas adalah mereka yang senantiasa mengingat kematian lalu mempersiapkannya, jangan lupa adikku, waktu kita dihitung mundur menuju Kematian. Berlomba lomba lah dalam mencari keridho'an Allah. ga usah ribut jika beda pemahaman, biarlah, pendapat kita memang berbeda beda.

Adikku yang indah, Iman itu tidak sekedar Percaya. 
Iman merupakan seni memahami sepenuh hati dan segenap keyakinan, bahwasannya segala details yang terjadi disetiap detik detik kedipan mata, disetiap desiran keinginan yang melinatasi langit langit hati, setiap luka, kesedihan, dan goresan goresan yang menyayat hati kita - semua telah tertulis dalam perencanaan dan ketentuan takdir Allah yang sempurna.

Iman laksana sebuah pohon dihati kita, naungannya memberi kesejukan.
Dari phonnya tunas tunas harapan akan terus terlahir, jika terus kita sirami dia akan berbunga kebahagiaan yang harumnya menebari jalanan yang kita lalui.

Dan tahukah adikku..
Seiring keistiqamahan yang terjaga dari bunga itu lahir buah yg bernama Keikhlasan.

Adikku, sehebat apapun guncangan yang menimpa kita,
Ingat, itu adalah sapaan atau teguran dari Allah. karena tidak ada satu Bencanapun yang menimpa kita tanpa seizin Allah. Jika bukan dengan keguncangan itu, lalu dengan apa lagi kita akan sedikit saja teringat bahwa saat ini, saat itu dan setiap saat Allah selalu memperhatikan setiap langkah kita?

Adikku, Hidup ini mudah,
Saat kita kepanasan masih banyak pohon untuk berteduh. saat kita tersesat masih banyak pejalan kaki untuk kita tanya,. tapi diakhirat? saat semua wajah wajah ketakutan dan tak ada satu pohonpun untuk berteduh..

Adikku, Kondisi hati kita ini selalu berubah ubah dan fikiran menari mengikutinya,.
Pujilah nama rabb-mu selagi hati itu lembut, karena didalam hati yg lembutlah tersimpan maaf, pemahaman dan cinta. Disanalah titik titik inspirasi bertaburan menuruni lembah dihatimu yang indah..

ADIKKU, BEHENTILAH SEJENAK UNTUK BERTAFAKUR, 
Hidup ini memang teramat melelahkan adikku, jika dadamu terasa sesak berhentilah sejenak untuk tafaqur dan menyegarkan kembali cara mata kita memandang tentang tujuan sebenarnya kita semua berada di persinggahan Ini.

Bertafakurlah untuk melonggarkan belantara dada yang sesak, hati yang letih dan memperkokoh kembali Jiwa kita agar tetap siap siaga menghadapi Gelombang dihadapan.

Adikku, Sertakan ikhlas disetiap dasar peletakan target target yg direncanakan, ikuti dengan keistiqamahan niat, dan bersungguh sungguhlah! taburi setiap jalanan dengan do'a, sabar dalam ujian dan tersenyumlah disetiap persimpangannya.

Ada yang bilang diam itu emas, Kaum sufi mengatakan diam itu bahasa Tuhan.

Menurut kaka;
Diam itu bukan marah, diam adalah situasi terkondisi dalam sebuah kendali.
Diam adalah b.a.h.a.s.a, bukan benci, bukan tak mengerti. Mungkin pedih atau rindu rindu tertahan yang menghempas hempas dinding bergetaran.
Diam adalah kesimpulan rahasia rahasia, keindahan, dari berbagai rasa yang diungkapkan waktu pada suasana, menaruh jenuh bergabung menjadi awan awan menebal menanti.

Adikku,
Ddiamlah sejenak dan pahami.
Menjaga lisan bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan berkata baik - atau kalau tidak mampu - maka diam. Dengan demikian diam kedudukannya lebih rendah dari pada berkata baik, namun masih lebih baik dibandingkan dengan berkata yang tidak baik.

Adikku, Kenapa cemburu? padahal bukan milikmu.
Jika tidak bisa menjadi pendampingnya, jadilah saudaranya yang selalu mendoakan.. agar cinta itu tetap indah, hingga berlabuh dipelabuhan seharusnya, percayalah takdir Allah tidak akan pernah merugikanmu. tidak akan pernah...

Berhentilah sejenak dari aktifitas hati yang melelahkan itu, dan ridho-kan cinta itu menjadi do'a untuk kebahagiaannya.

Tegarlah! biarkan langit langit dihatimu tetap indah meski senja telah memerah, menghalau awan awan tipis menjemput selimut malam.

Jalanan ini Indah adikku...
Hidup ini sulit dan Islam telah memudahkan dengan kesempurnaannya, temukan kebahagiaan didalam Islam-mu, temukan kebahagiaan dalam Dirimu. karena jika kamu mencari kebahagiaan diluar dirimu, maka kamu akan menemukan kebahagiaan itu selalu milik orang lain..

Adikku, jika hatimu terasa pedih atas sesuatu yang tidak dimengerti. 
Jangan diam, bangkitlah segera. Format ulang partisi partisi hati yang membingungkan itu, simpanlah data prosa prosa itu sebagai kenangan saja dan simpan semua files backup-nya di folder masalalu.

Jangan lupa, Install Antivirus yang uptodate. Trojan Trojan Cinta kini semakin vareatif dan kreatif ;)

Adikku, Akhwat akhwat bertebaran,
Ikhwan Ikhwan gentayangan.. panah panah telah dilepas,
Berhati hatilah saat seutas salam menyapa,..bercanda ketawa tawa, senyum itu jadi liar menjerat hati - membelit jiwa - menundukan, menggetarkan, menggoyah goyahkan dan akhirnya dinding itu RUNTUH, luluh.

Kemudian Cinta yang tak terkendali akan membenarkan! semuanya,...

Adikku,
Ahwat Sejati, adalah mereka yang pandangan matanya selalu menunduk dan mampu Menundukan mata mata ikhwan yang mencoba menaklukannya.

Adikku, Cinta dan Benci itu ada, berdekatan dan saling mengikuti. Karena Itu bagian dari fitrah manusia.

"Cinta itu berkelanjutan (diwariskan) dan benci berkelanjutan". (HR. Bukhari)

"Barangsiapa mengutamakan kecintaan Allah atas kecintaan manusia maka Allah akan melindunginya dari beban gangguan manusia". (HR. Ad-Dailami)

Adikku,
Benar adanya, cinta akan mengajari dan memberimu sayap untuk terbang melintasi harapan..
Tapi cinta tidak akan mengajarimu cara untuk kembali kebumi, cinta akan meninggalkanmu di tempat yang tidak kamu kenal. sementara kamu harus kembali terbang kebumi..

Persiapkanlah sayap untuk pulang itu sebelum cintamu terjatuh,.

Adikku, 
Boleh jadi kamu menyukai banyak hal, tapi pasti, cintamu hanya satu. mungkin cintamu itu terbagi, terjatuh, terbalas dan bersahutan kepada sosok dan situasi, tapi pasti tak abadi. Ada ujung dan kekecewaan, ada kala tak berbalas... Tapi ketahuilah, ada satu cinta yg pasti abadi dan bersahutan... Itulah Cinta dan Mencintai Allah.

Adikku,
C.I.N.T.A adalah bahasa dalam memberi, bukan menerima. C.I.N.T.A yang dilabuhkan atas nama ridha Allah, tidak akan pernah mengenal untung atau rugi dan sesal ditepiannya.

Karena memberi kebahagiaan itu sendiri adalah kebahagiaan! dan C.I.N.T.A. datang untuk menyempurnakan, bukan mencari kesempurnaan.
"Sesungguhnya Allah Ta'ala indah dan suka kepada keindahan. Allah suka melihat tanda-tanda kenikmatannya pada diri hambaNya, membenci kemelaratan dan yang berlagak melarat". (HR. Muslim)

^_^ Indah Islam ini Adikku..

Islam mengajarkan kita Memaafkan dengan Sempurna, 
Lupakan siapa yang bersalah atau siapa yg harusnya minta maaf. lembutkan hati dan ulurkan maaf, karena minta maaf tidak akan merugikan amal dan harta kita ^_^
"Barangsiapa tidak mengasihi dan menyayangi manusia maka dia tidak dikasihi dan tidak disayangi Allah". (HR. Bukhari)

Barangsiapa memaafkan saat dia mampu membalas maka Allah akan memberinya maaf pada hari kesulitan". (HR. Ath-Thabrani)

ADIKKU, JIKA MASIH MARAH TELAN MARAHMU..
Telan saja..biarkan menyesakan isi dadamu, ada saatnya kehidupan menyeret kita ke sudut itu. Telan saja, Islam pun mengajarkan begitu.
"Tidak ada sesuatu yang ditelan seorang hamba yang lebih afdhol di sisi Allah daripada menelan (menahan) amarah yang ditelannya karena keridhoan Allah Ta'ala". (HR. Ahmad)

Adikku, Sabar itu bukan Pilihan, tapi Keharusan.
"Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan. Sesungguhnya Allah 'Azza wajalla bila menyenangi suatu kaum Allah menguji mereka. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah". (HR. Tirmidzi)

ADIKKU KENAPA SAKIT HATI ?
Hmm., Hati itu bagaikan sebuah cermin adikku, jika kita bersihkan tiap hari dia akan bening. jika kita lupa membersihkannya mungkin akan berdebu dan lama lama tepiannya akan BERKARAT, dalam kondisi penuh karat itulah hati terasa sakit saat kita bersihkan.

Arahkan hatimu, jaga hatimu, sayangi hatimu,
cintai hatimu, dan dengarkanlah nasihatnya mintalah fatwanya.
Jika dinding itu bergetar lagi, atas debaran debaran, redamlah, karena dia tidak bisa berkata kata saat tersentuh nafsu. jadilah orang pertama yang peduli atas hatimu sendiri.

Adikku, 
Jika hatimu harus merintih, arahkanlah rintihannya selalu kepada Rabbmu.. kepada Allah saja..

ADIKKU,  TATA HATIMU DAN SEGERA REKONTRUKSI.
Hati adalah sumber kebaikan dan keburukan, jika kondisi hati baik maka baiklah kondisi seluruh tubuh dengan pola fikir dan tindakannya,. Menata hati adalah tahapan pertama, untuk kemudian bisa merekontruksi pola fikir dan melahirkan rekontruksi diri yg lebih segar dan siap menghadapi kehidupan.

Memang Tekanan Hidup ini Kadang membuat kita benar benar terlupa akan adanya Akhirat, adikku.. 
Ingatlah sabda Rasulullah;
"Perbandingan dunia dengan akhirat seperti seorang yang mencelupkan jari tangannya ke dalam laut lalu diangkatnya dan dilihatnya apa yang diperolehnya." (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

ADIKKU, ADA GARANSI KEBAHAGIAAN bagi hati hati yang beriman, dan tidak ada tawar menawar didalamnya.

Tanyakanlah kepada dinding yg bergetar dibelantara dadamu, kepada siapa marah yg kamu pendam? Adakah Allah telah salah? Adakan Allah merugikanmu? Katakan tidak, dan BANGKITLAH!

Adikku, Dunia ini luas, ada yg bilang sempit. 
Jika hari ini ade merasa dan ingin mengatakan dunia sempit, tolong DEFINISIKAN ULANG, seluas apa dunia itu sangat tergantung "seluas" apa matamu memandang, seikhlas apa hatimu menerima dan sedalam apa pemahaman jiwamu.

ADIKKU, PILIHAN ALLAH TIDAK AKAN MERUGIKANMU SEDIKITPUN. 
Kita hanya belum mengenali atau menyadari tentang kebaikan didalamnya, renungkanlah sekali lagi dan perhatikan baik baik, sayangi dirimu, sayangi hatimu, berhentilah menyesal dan taburi jalanan itu dengan senyuman dan keikhlasan.

Semoga Ridha Allah menyertaimu Adikku,

Adikku,
Saat dicela itu-lah keistiqamahan kita di uji, jangan menyerah, jangan patah. tersenyumlah, para pencela itu hanya iri kepadamu, dia sendiri tak sadar bahwa dia menghina dari tempat yg jauh lebih rendah..

Adikku,
Sudah sepantasnya orang beriman itu berbahagia, memiliki Allah tuhan yang selalu mendengarkan setiap bisikan keluhan keluhan. .

Adikku, jangn lupa berdo'a.
Do'a adalah yang membuat orang muslim unggul dibanding orang orang kafir, biarkan saja mereka tertawa tawa karena hatinya itu kosong!
Adikku, ingatlah segera seketika Ujian itu akan berakhir, disana Ada Guncangan. Seperti Halilintar yang menandai berakhirnya mendung,.. disanalah hujan akan turun menebar titik titik harapan.

"... Sesungguhnya Tuhanku amat dekat rahmat-Nya lagi memperkenankan doa hamba-Nya." (QS Hud 61)

Ingatlah nasihat nasihat kecil kaka.
Karena perahu kehidupan yang kita naiki ini tidak akan selalu setabil, lautan tidak selamanya indah, pasti akan ada badai dan gelombang. Bekali diri dengan Ilmu untuk menaklukan segala kemungkinan itu, jgn terlalu banyak membawa bekal makanan yang hanya akan menjadi beban perahu kita. Karena disekitaran pasti ada Ikan yang telah Allah sediakan..ikan itu mudah ditangkap jika kita punya ilmu untuk menangkapnya.

Jangan terlalu khawatir, perhatikan saat kita lapar, siapa yg memberi kita makanan? Allahlah yg mengantarkan kepada kita berpiring piring nasi itu. Melalui tangan tangan yg Ia kehendaki. Lalu usia kita dipanjangkan, hingga pagi ini.

Alhamdulillah,.
Sekali lagi, Sejatinya dunia itu indah dan teramat luas, ketika kita merasakannya sempit, dapat dipastikan saat itu ada yang salah dengan cara kita memandang. Karena keindahan dan keluasannya sangat tergantung kepada seluas apa penglihatan dan pemahaman kita. ^^

Adikku, Mulailah jangan berlama lama terdiam.
Mulailah dan janganlah menanti ujung yg mungkin tak akan kau temui untuk bahagia, temukan energi kebahagiaan dalam syukur dan positive feeling.

Jangan takut gagal.
Jika ade tanya siapa guru terbaik Kaka? maka jawabannya adalah 'kegagalan'. Kaka berguru pada setiap kegagalan di jurang dimana kaka terperosok, melawan terjalnya tebing keraguan yang merintangi jalan yang kaka tempuh.

Adikku,
Bersyukurlah saat inspirasi menyentuhmu, atau saat ia datang menemui lorong fikiranmu. Sesungguhnya ia sangat mahal, dan tidak bisa diciptakan atau dihadirkan sesaatpun, karena dia terpancar dari setetes nur Illahi..
Catatlah segera setiap inspirasi inspirasi itu, sebagai bentuk syukurmu kepada pemberi Inspirasi.

Sekali lagi...
Adikku, Melangkahlah, jangan diam..
"Menyia-nyiakan waktu itu lebih jelek daripada kematian. Menyia-nyiakan waktu akan memutuskanmu dari Allah dan akhirat, sedangkan kematian hanyalah memutuskanmu dari dunia dan penghuninya". (Ibnul Qayyim)

Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=194671933882862


Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)

Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan... Amin
Wassalam...

Semoga Bermanfaat dan bisa kita ambil hikmahnya... Amin
Silahkan COPY atau SHARE ke rekan anda jika menurut anda notes ini bermanfaat...

Catatan :
Lampirkan Sumbernya ya... Syukron

3 komentar:

  1. Alhamdulillah.... nasihat yg luar biasa

    BalasHapus
  2. subhanallaaaaaahh.. nasihat yang mengena.. :) makasih kak..

    BalasHapus
  3. subhanallaaaaaahhhhh... menyejukkn hati kata2nya, :)

    BalasHapus