Laman

Senin, 28 Februari 2011

Mengenal Berbagai Penyakit

Mengenal Insomnia
Mengenal Insomnia Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia agar dapat mengistirahatkan bagian-bagian tubuh yang sudah seharian bekerja. Namun, tidak semua orang dapat menikmati waktu tidurnya. Banyak orang yang tidak dapat memejamkan matanya dan mengistirahatkan tubuhnya. Orang seperti itu biasanya menderita penyakit sulit tidur atau sering di sebut dengan penyakit insomnia. Mengapa insomnia bisa terjadi dan bagaimana cara menanggulanginya ? Sulit tidur. Umumnya, setiap orang pernah mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Tetapi biasanya bersifat sementara.

Gangguan ini menjadi masalah besar bila terjadi setiap malam. Setiap orang mempunyai kebutuhan waktu tidur yang berbeda. Sebagian orang cukup dengan hanya tidur selama 4-5 jam setiap malam sedang yang lain perlu paling tidak 8 jam. Insomnia bukan berarti berapa lama waktu tidur tetapi lebih mengarah pada kualitas tidur: seberapa jauh dapat beristirahat dengan tidur tsb.

Gejala-gejala
  • Sebagian orang sukar untuk mulai tidur dan sampai lama tidak bisa tidur lagi.
  • Beberapa orang sering terbangun di malam hari dan karena itu menjadi ngantuk di siang hari.
  • Penyebab umum Stres di rumah, di tempat kerja, atau di sekolah.
  • Perubahan pola hidup seperti pindah ke rumah baru.
  • Lingkungan yang ramai dan tidak nyaman untuk tidur.
  • Penyakit yang menyebabkan nyeri, sesak nafas atau sering buang air kecil.
  • Pertambahan usia.
  • Cemas dan depresi.
  • Apa yang harus dilakukan ? Kembalilah pada kebiasaan tidur yang baik.
  • Jam tidur yang tidak rutin-usahakan untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam.
  • Pastikan tempat tidur nyaman dan suhu ruangan sesuai yang dikehendaki.
  • Jangan memikirkan masalah dan kegiatan sehari-hari.
  • Latihan ringan pada sore hari mungkin bisa membantu.
  • Jangan melakukan latihan sebelum tidur.
  • Berdoa sebelum tidur Bila ternyata tidak bisa tidur Jangan hanya berbaring dan mencemaskannya.
  • Bangun dan baca buku atau dengarkan musik yang lembut atau minum susu hangat.
  • Kemudian kembali berbaring ditempat tidur.
  • Hal yang sebaiknya dihindari Makan terlalu banyak sebelum tidur.
  • Terlalu banyak minum kopi, rokok, alcohol pada jam tidur.
  • Kebiasaan tidur siang.
  • Konsultasi ke dokter Sebaiknya segera konsultasikan kedokter bila insomnia : Berlangsung terus tiap malam.
  • Mulai mengganggu kerja atau aktifitas harian.
  • Dokter bisa membantu menemukan penyebab insomnia dan akan mengobati seperlunya. Jangan minum obat tidur tanpa nasihat dari dokter. Obat tersebut mungkin akan mengurangi sedikit keluhan tetapi penggunaan yang rutin dan jangan lama bisa menyebabkan ketagihan.

Awet muda dengan cara Tianshi adalah sebagai berikut :
  • Untuk bisa rileks maka aliran darah dan regenerasi darah harus berjalan dengan baik. Hal itu dilakukan dengan pemberian nutrisi Nutrient High Calcium Powder I. Selain menjaga aliran darah, nutrisi ini juga untuk menjamin kebutuhan kalsium pada tulang supaya tidak cepat keropos.
  • Untuk menjamin regenerasi sel-sel dan aliran darah di tubuh khususnya di kaki dan tangan diberikan nutrisi Vitality Softgel Capsules yang mempunyai kegunaan menambah vitalitas dan kenyamanan tubuh.
  • Biasanya terdapat kecenderungan emosi tinggi atau beban pikiran yang cukup berat, hal ini bisa diredakan dengan memperlancar darah ke kepala dengan Beneficial Capsules untuk menormalkan sistem syaraf.

Alternatif nutrisi untuk pengobatan insomnia :
  • Nutrient High Calcium Powder I
  • Vitality Softgel Capsules atau Beneficial Capsules sesuai keterangan di atas. 


MENGENAL PENYAKIT ANEMIA

Anemia itu Apa?
Anemia terjadi ketika darah kita kekurangan hemoglobin (Hb) yang bertugas membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Apa Penyebabnya?
Anemia kekurangan zat besi:ini anemia yang sangat sering ditemui. Tubuh memerlukan zat besi untuk memproduksi Hb. Sumber-sumber besi pada makanan ada 2 bentuk, yang Heme dan yang non-Heme.

Yang Heme mudah sekali diserap seperti daging sapi, hati, telur, daging ayam dan daging merah. Sedangkan yang non-Heme terdapat pada sayuran-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, buncis dimana zat besi tersebut tidak dapat langsung diserap oleh tubuh dan harus diubah dulu oleh usus agar mudah diserap.

Anemia Megaloblastik (Kekurangan Vitamin)
Anemia ini terjadi jika tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B-12. Tubuh mempunyai sel darah merah yang tidak mengangkut oksigen dengan baik.

Akibat komplikasi
Beberapa penyakit bisa mengganggu produksi sel darah merah. Misalnya, penderita penyakit ginjal yang melakukan dialisis (membuang zat sisa dengan bantuan melakukannya). Ginjal mereka tidak mampu memproduksi cukup hormon untuk membuat sel darah merah, dan zat besi banyak terbuang dalam proses dialisis.

Penyakit darah turunan
Salah satu jenis penyakit turunan yang membuat anemia adalah kelalaian bentuk sel darah meraah (sickle cell anemia). Tubuh akan menghancurkan sel darah meraaah yang tidak normal ini namun tidak cukup cepat memproduksi sel baru sehingga anemia muncul. Thalasemia merupakan penyakit darah yang diturunkan yang akan mempengaruhi kemampuan tubuh memproduksi sel darah merah.

Anemia Aplastis
Ini penyakit yang jarang terjadi dimana sumsum tulang belakang tidak memproduksi sel darah merah yang cukup. Ini juga akan mempengaruhi jumlah sel darah putih sehingga akan rentan terhadap infeksi dan perdarahan yang tidak bisa dihentikan?

Apa gejala Anemia?
Gejala yang umum terjadi bisa kelihatan pucat pada bibir atau ujung jari tangan. Gejala lainnya adalah cepat lelah, tidak bisa berkonsentrasi lama, dan bahkan mudah lupa.

Bagaimana mendiagnosisnya?
Anemia didiagnosis melalui tes darah. Normalnya nilai Hb pada anak-anak 11-12 g/dl dan pada saat dewasa menjadi 13-14 g/dl.

Bagaimana mencegah anemia?
Untuk mencegah kekurangan zat besi, sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan asupan zat besi yang mencukupi. Sementara itu, mengatasi anemia yang penting adalah mencari dulu penyebabnya.

Bila penyebabnya telah diobati, penyakit anemia akan sembuh dengan sendirinya. Selain zat besi, konsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B-12. Perhatikan asupan kalsium, kopi dan teh yang berlebihan. Zat-zat ini menghalangi penyerapan zat besi.

Pengobatan Tianshi :
  • Sesuai dengan cara pengobatan China, tubuh pasien harus diseimbangkan dulu dan stamina dikembalikan dengan pemberian Nutrient High Calcium Powder I untuk dewasa atau Children Nutrient High Calcium Powder III pada anak-anak. Pemberian suplemen kalsium ini juga memperkuat daya tahan tubuh dan melancarkan peredaran darah.
  • Selanjutnya perlu diberikan supply zat besi untuk menambah kandungan zat besi dalam darah, tetapi perlu diberikan nutrisi yang tepat supaya tidak malah terjadi penumpukan. Karena itu perlu diberikan Zinc Cream Supplement.

Alternatif nutrisi untuk pengobatan anemia :
  • Nutrient High Calcium Powder I atau Children Nutrient High Calcium Powder III sesuai keterangan di atas
  • Zinc Cream Supplement



INFO PENYAKIT JANTUNG
Seputar Kerja Jantung
Jantung merupakan pompa yang bertugas mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Ukuran jantung hanya segenggam tangan kiri kita. Tetapi tugasnya sangat berat, karena harus memompakan aliran darah ke seluruh pembuluh darah. Bahkan dalam satu hari harus memompakan aliran darah sebanyak 7000 liter dalam 100.800 kali.

Seputar Penyakit Jantung
Dari data yang diperoleh dari RS Harapan Kita ternyata pasien penderita Penyakit Jantung Koroner baik yang rawat jalan maupun rawat inap terjadi pengingkatan 10% setiap tahun. Bahkan dalam setahun terdapat 500 orang pasien bedah jantung.

Gejala Penyakit Jantung
Gejala Awal
  • rasa nyeri dada terutama sehabis lari atau naik tangga
  • dada tertekan, sesak nafas, tercekik
  • terasa nyeri dari bahu lengan kiri sampai ke jari kiri
Gejala Lanjutan
  • panas di dada
  • sakit di ulu hati sampai ke rahang
  • keluhan sesak nafas saat istirahat
  • kepala terasa melayang, sempoyongan
  • keringat dingin, mual, muntah bahkan sampai pingsan 

TIPS BAGI JANTUNG SEHAT
1. Beberapa jenis makanan dapat membantu kesehatan jantung, diantaranya:
Omega 3, Pasukan Pembersih Pembuluh Darah
Omega-3 adalah asam lemak esensial terdiri dari EPA dan DHA. Sejak tahun 1970-an peran Omega-3 dianggap penting, berdasarkan penelitian terhadap orang-orang eksimo yang banyak makan ikan. Konsumsi ikan secara regular dapat merendahkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), mencegah pengerasan pada pembuluh darah.

Makan Tinggi Serat Sahabat Jantung
The Journal of the American Medical Association (JAMA), menyatakan diet tinggi serat mengurangi resiko jantung. Mereka yang mengkonsumsi serat rata-rata 22,9 gram resiko terkena penyakit jantung turun sehingga 23%, dibandingkan hanya konsumsi serat 12 gram per hari. Konsumsi serat membantu mengurangi kadar LDL kolesterol jahat, serta gula darah.

Bawang Putih
Bawang Putih tumbuhan ampuh bagi kesehatan jantung Bagi penderita penyakit jantung, bawang putih juga baik menurunkan kolesterol dalam darah yang menjadi faktor pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah. Ini di dukung dari hasil penelitian bawang putih dapat menurunkan kolesterol serum hingga 10,6%. Penelitian di Jerman dengan 261 pasien selain kolesterol turun 12%, ternyata kadar trigeliserida juga turun 17%, bahkan dapat membantu mempertahankan elastisitas pembuluh darah yang mengalami penuaan.

Antioksidan penangkal radikal bebas
Antioksidan banyak terdapat dalam makanan seperti sayur dan buah berwarna (jeruk, pepaya, brokoli, stroberi, wortel, tomat, mangga, buah kiwi, paprika kuning dan merah), biji-bijian (biji bungan matahari, kenari) dsb. Sejumlah penelitian menyatakan dengan mengkonsumsi cukup antioksidan dapat mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat), dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Vitamin C, E dan beta karoten juga merupakan antioksidan bagi tubuh.

Lesitin buldoser kolesterol
Lesitin membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah dengan cara mencegah penumpukan lemak di dindingnya. Riset membuktikan lesitin berguna untuk mencegah tingginya kolesterol, pembentukan batu empedu, sirosis hati dan kelainan pembuluh darah. Lesitin juga membantu orang obesitas untuk menurunkan kadar lemak tubuh.

Makanan kaya vitamin B kompleks
Dapat diperoleh dari bayam, bok choy, kubis, brokoli, kacang kedelai, kacang-kacangan, jeruk, biji-bijan, sereal utuh. Bagi Penyakit jantung Koroner dengan kadar homosistein plasma yang tinggi sebaiknya banyak konsumsi makanan kaya vitamin B kompleks. Sebenarnya homosistein dapat diubah menjadi senyawa tidak berbahaya oleh sejumlah enzim yang bekerja dengan bantuan beberapa vitamin B kompleks.

2. Olahraga & Kesehatan Jantung
Olahraga sangat baik bagi penderita jantung. Dengan olahraga rutin seluruh otot, termasuk jantung dapat menerima darah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Hal ini membuat jantung mendapatkan pasokan oksigen secara cukup dan teratur. Untuk penderita jantung, sebaiknya pilih olahraga yang ringan 2-3 kali seminggu, misalnya jalan kaki, yoga, latihan pernafasan dsb.

3. Kurang Istirahat beresiko penyakit jantung
Studi di Jepang dari National Cancer Center Tokyo, menyatakan bahwa pria yang sering bekerja lebih dari 60 jam per minggu, dan tidur kurang lebih lima jam memiliki dua kali lipat resiko serangan jantung.

4. Makanan Tambahan
Salah satu yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan jantung adalah mengkonsumsi makanan kesehatan. Beberapa makanan yang dianjurkan oleh praktisi kesehatan di Rumah Sakit di Singapura antara lain:
  • Nutrient High Calsium I; nutrisi ini mengandung kalsium alami organik yang diekstrak dari sumsum tulang sapi segar dan dikombinasikan dengan fosfor secara tepat, sehingga memiliki daya serap yang tinggi, sampai dengan 95% dan tidak memiliki efek samping. Selain itu, Nutrient High Calsium juga mengandung nutrisi pelengkap yaitu multivitamin dan mineral seperti zat besi, zinc dan magnesium. Yang jadi pertanyaan, mengapa agar jantung sehat diberi kalsium? Begini, untuk berkontraksi, jantung membutuhkan energi, dan sumber energi tersebut adalah kalsium. Jika kita melihat ke dalam sel otot jantung, akan kita lihat bahwa kalsium masuk ke dalam sel dan mengaktifkan sejenis protein yang berfungsi memacu gerak otot jantung untuk mengalirkan darah. Kekurangan kalsium akan memperlemah otot jantung untuk berkontraksi dan menjadi penyebab beragam gangguan jantung. Uji coba medis menunjukkan bahwa pemberian ion kalsium secara bertahap memperkuat detak otot jantung. Nah, dengan mengonsumsi Nutrient High Calsium ini setiap hari satu sachet, kebutuhan energi jantung untuk memompa darah akan terpenuhi secara signifikan, seimbang dan aman.
  • Cordyseps Mycellium Capsules; merupakan nutrisi yang mengandung tumbuhan herba cordyseps atau chung cau, ditambah dengan lipid, protein, vit B12, asam cordyceps, cordicepin, adenosine (0,15gr) dan mammie (6gr) yang berkhasiat utama sebagai antibiotik alami dan booster imunitas tubuh serta mampu mengembalikan fungsi tubuh ke semula dan lebih baik. Bagi jantung dan pembuluh darah, Cordyseps ini memiliki khasiat sebagai berikut:
    • Anti pembekuan darah dalam pembuluh darah jantung
    • Meningkatkan proses produksi sel darah putih
    • Menekan terjadinya penumpukan trombosit (sampai >48%)
    • Memperbaiki kondisi tubuh dan mencegah penyakit menjadi lebih parah
    • Menurunkan lemak darah
    • Memperbesar pembuluh darah, sehingga meningkatkan pasokan darah ke jantung dan menambah volume darah dalam pembuluh jantung
    • Memberikan efek penyembuhan dan pemulihan yang stabil
    • Menyeimbangkan zat kalsium dan fosforisasi, sangat sempurna jika dikonsumsi bersama Nutrient High Calsium.
  • Vigor Rousing Capsules; Sebutir kapsul Vigor Rousing Capsules sama dengan sebotol anggur merah. Orang Perancis banyak yang mengkonsumsi daging berlemak namun angka penderita penyakit jantungnya terendah di Eropa. Rahasianya ada pada minuman anggur yang selalu mereka minum. Vigor Rousing Capsules adalah hasil penelitian Lembaga Mikro Organisasi China. Terbuat dari bahan alami yang diambil dari tanaman anggur dengan pengolahan teknologi tinggi. Sehingga terbentuk suatu makanan kesehatan. Vigor Rousing Capsules merupakan Nutrisi Kesehatan Generasi III. Bahan utamanya adalah ekstraksi tanaman anggur yang mempunyai khasiat pengobatan yang sudah diakui oleh badan internasional dan mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia. Vigor Rousing Capsules dapat menurunkan kadar lemak di dalam darah, menurunkan kolesterol, dan merupakan anti oksidan. Produk ini juga mengontrol terjadinya gumpalan di dalam darah. Secar bersamaan dapat mengendalikan tumbuh kembangnya sel-sel kanker pada tahap awal. Beberapa rumah sakit di dunia sudah menggunakan produk ini untuk mengobati stroke, jantung, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan gangguang pembuluh darah dan kanker. Dengan kandungan utamanya Vitis Vinifera Cemen, Vigor merupakan sejenis anti toksin tumbuhan yang dihasilkan anggur terfermentasi. Berfungsi sebagai anti bakteri, menghilangkan radang, anti oksidan, dan sebagainya. Dapat merangsang alirang darah, mengurangi zat yang menimbun pada dinding pembuluh darah, membantu mempertahankan fungsi darah, menurunkan sifat melekat trombosit, sehingga darah dapat secara lancar melalui pembuluh darah. Sangat baik untuk mencegah penyakit pembuluh darah otak.
  • Vitality Softgel Capsules; Produk ini telah memenangkan penghargaan sebagai produk terlaris. Khasiat yang paling terkenal adalah mengobati stroke dan pecahnya pembuluh darah. Dengan kandungannya Minyak pucuk lembaga gandum (wheat plumul oil) yang kaya akan vitamin E, 80 % asam lemak tak jenuh, 50-60% asam linoleat, karbonatol 28 dan bermacam-macam komposisi mikro organisme. Selain itu ada lechitin yang memiliki tingkat kemurnian phosphatidycoline yang tinggi, dan Beta karoten yaitu sejenis vitamin yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Disebut juga bentuk awal dari vitamin A yang bisa merangsang pembaian sel sehingga bermanfaat untuk gigi, tulang, perkembangan bayi yang normal, melindungi daya penglihatan dan mencegah kanker. Untuk jantung, Vitality memiliki khasiat:
    • Mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung
    • Meningkatkan vitalitas sel pada organ jantung
    • Menguatkan daya dukung beban jantung
    • Memenuhi kebutuhan oksigen pada jantung
  • Antilipemic Tea; Kita harus sadar jika dalam keseharian kita sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, minyak, lemak jahat, racun, dan pengawet. Tentu saja zat-zat ini akan membahayakan bagi tubuh kita. Menurut penelitan kedokteran jika di dalam tubuh terdapat kolesterol dan jenis minyak lain dalam kadar tinggi, dan sementara itu tidak terjadi metabolisme yang normal untuk mengurainya, maka akan terjadi penumpukan zat lemak dalam darah. Zat itu berbentuk bubur yang dapat menyumbat aliran. Inilah yang biasa disebut dengan pengerasan pembuluh darah oleh zat mirip bubur tersebut. Bubur dalam darah itu akan menghambat aliran normal darah di dalam pembuluh darah tubuh kita. Lemak yang tertahan dalam tubuh dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Kemunduran fungsi jantung, stroke, jantung koroner, penyumbatan bilik jantung, dsb. Antilipemic Tea yang memiliki kandungan Herba gynostema pntaphyllum (Jiao Gu Lan), menurut pengobatan Tiongkok herba ini digunakan masyarakat China untuk menghilangkan radang, mengurai racun, menghentikan batuk, dan menyingkirkan dahak. Pada tahun 70-an ilmuwan Jepang menemukan bahwa herba ini mengandung 84 macam glukosida dan komposisi zatnya sama dengan glukosida pada ginseng. Maka herba ini juga dijuluki “Ginseng Keduaâ€�. Selain itu mengandung Semen Cassie (Jue Ming Zi) yang kaya dengan kalsium, vitamin A, asam taurine, dan unsur mikro seperti tembaga, seng, selenium, dan sebagainya. Lalu ada Folium nelumbinis (daun teratai), Radix polygoni mutiflori (Zhis Hou Wu) yang kaya dengan kandungan lecitin nabati, dapat menyerap, menggantikan kolesterol sebagai pencegahan penyakit kadar lemak darah yang tinggi dan pengerasan pembuluh nadi (arteri). Juga dapat menurunkan kekentalan darah. Dan kandungan Teh Hijau yang mengandung theopolyphenol, kafein, zat kakao, sitrin, dsb. Konsumsi ANTILIPEMIC TEA ini setiap hari sebab memiliki manfaat pencegahan dan penyembuhan berbagai macam penyakit seperti :
    • Mengobati asam urat
    • Membersihkan darah dari lemak dan triglicerida
    • Menurunkan lemak dan kepekatan darah
    • Menurunkan indeks pengerasan pembuluh darah
    • Meningkatkan kadar HDL yang baik (mengatur jumlah protein lemak)
    • Mencegah penyakit jantung
Manfaat makanan kesehatan di atas saya tuliskan hanya untuk masalah jantung seperti pada pembahasan kali ini. Namun khasiat lainnya masih sangat banyak, insya Allah saya jelaskan pada kesempatan berikutnya. Nah, Anda ingin jantung Anda sehat kan? Coba tips di atas, semoga sangat membantu.



DIABETES
Insulin yang dihasilkan kelenjar pankreas terletak dilekukan usus dua belas jari. Sanagt penting untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa darah. Bila terjadi gangguan kerja pada insulin, baik secara kualitas maupun kuantitas. Keseimbangan tersebut akan terganggu, dan kadar glukosa darah cenderung naik . Seseorang sudah dapat dikatakan menderita Diabetes Mellitus jika ada keluhan :

Keluhan Awal Diabetes:
  • Banyak Minum (Polifagia)
  • Banyak Kencing (Polidipsia)
  • Penurunan Berat Badan (Poliurinia)

Dalam fase ini biasanya penderita menunjukkan berat badan yang terus naik, cenderung bertambah gemuk karena pada saat ini julah insulin masih mencukupi. Bila keadaan tersebut tidak cepat diobati, lama kelamaan mulai muncul gejala yang disebabkan oleh kurangnya glukosa, maka kadar glukosa darah menjadi tinggi atau naik. Gejalanya nafsu makan berkurang, banyak minum, banyak kencing, dalam fase ini biasanya penderita menunjukkan berat badan menurun, cenderung bertambah kurus, karena pada saat ini jumlah insulin tidak mencukupi. Zat gula atau glukosa tidak terproses dengan baik sehingga tumpah ke air seni dan darah, dan darahnya mengandung glukosa yang lebih banyak daripada biasanya. Penyakit ini tidak dapat menular, tetapi dapat turun temurun dan biasanya timbul pada usia 40 tahun ke atas.

Resiko Mengidap Diabetes Mellitus
Penyakit Diabetes Mellitus kebanyakan adalah penyakit keturunan, bukan penyakit menular. Meskipun demikian bukan berarti penyakit tersebut pasti menurun kepada anak, walaupun kedua orang tuanya menderita penyakit Diabetes Mellitus. Bila dibandingkan dengan kedua orang tuanya yang normal (non diabetes), yang jelas penderita Diabetes Mellitus lebih cenderung mempunyai anak yang menderita penyakit Diabetes Mellitus.  

Gejala Diabetes Mellitus
  Biasanya penderita penyakit Diabetes Mellitus ini tidak menunjukkan gejala yang mendadak, tetapi penderita tersebut menunjukkan gejala sesudah beberapa bulan atau tahun. Gejala tersebut dinamakan gejala kronik atau menahun. Gejala kronik yang timbul sebagai berikut:
  1. Kesemutan
  2. Kulit terasa panas atau seperti tertusuk-tusuk  jarum
  3. Rasa tebal di kulit, sehingga bila berjalan terasa seperti di atas kasur atau bantal
  4. Kram
  5. Capek
  6. Mudah mengantuk
  7. Mata kabur, biasanya sering ganti kacamata
  8. Gatal di sekitar kemaluan, terutama wanita
  9. Gigi mudah goyah dan mudah lepas
  10. Kemampuan seksual menurun
  11. Impotensi
  12. Keguguran pada wanita hamil

Diabetes Mellitus tidak harus dijadikan Momok
Penyakit Diabetes Mellitus janganlah dijadikan momok, namun harus diperangi agar anda dapat hidup bahagia. Bila diremehkan penyakit Diabetes Mellitus dapat menyerang seluruh anggota tubuh. Jika kita mengetahui apakah sebenarnya penyakit Diabetes Mellitus itu seperti yang tertera di atas, kemudian merawatnya dengan baik semua komplikasi tersebut akan tertunda atau batal pemunculannya. Kalau penderita Diabetes Mellitus sudah terlanjur mengidap komplikasi, perawatan dan pengobatan yang baik dan kontinue akan dapat mencegah komplikasi yang timbul tersebut. Karena itu penyakit Diabetes Mellitus sebenarnya dapat memberikan reward (hadiah) dan punishment (hukuman) kepada penderita. Ini berarti bahwa bila penderita Diabetes Mellitus banyak melanggar pantangan ia akan dapat hukuman berupa komplikasi di kemudian hari. Sebaliknya jika penderita Diabetes Mellitus tertib merawat penyakitnya dengan baik komplikasi tersebut tidak atau sulit muncul.  

Penderita Diabetes Mellitus Dihimbau agar :
  1. Memerangi Diabetes Mellitus dengan cara mencegah dan merawatnya sedini mungkin sebelum timbul komplikasi
  2. Memerangi Diabetes Mellitus yang sudah menunjukkan komplikasi, agar mengobati dengan baik dan teratur supaya komplikasi berhenti sampai di situ saja dan tidak berkelanjutan.:

REKOMENDASI EFEKTIF DENGAN TERAPI PENGOBATAN CHINA TIENS :  
1. Calcium II (dosis : 1 x 1 sachet/hari)
  • Menormalkan kerja pankreas untuk menghasilkan insulin.
2. Chitin Chitosan Capsules (dosis : 2 x 2 kapsul/hari)
  • Menurunkan kadar gula darah.
  • Jika terjadi luka, Chitosan ditaburkan pada bagian tubuh yang luka sehingga mempercepat proses pengeringan.
3. Diacont (dosis : 2 x 2 kapsul/hari)
  • Menurunkan kadar gula darah.
  • Mengobati gejala komplikasi kronis karena mengandung ekstrak tanaman sedu yang bisa mengaktifkan sel-sel beta pada pankreas untuk memproduksi insulin.
4. Barley Green Tablets II (dosis : 2 x 2 tablet/hari)
  • Menstabilkan kadar gula darah

Kesaksian mantan penderita Diabetes :
Ibu Hatiah adalah penderita Diabetes. Kadar gula darahnya sekitar 300-500 mg/dl. Akibat dari diabetes ini muncul gangren di telapak kaki sebelah kanan, dan salah satu jari kakinya telah putus satu ruas. Gangren pada telapak kaki ini makin han semakin memburuk. Terakhir dokter menyarankan beliau untuk mengamputasi kaki. Ibu Hatiah bersikeras untuk tidak mengamputasi kakinya. Ibu Hatiah kemudian bertemu seorang teman yang menjadi distributor TIENS. Oleh temannya beliau disarankan menkonsumsi Calsium II, Chitosan dan Diacont. Temannya dengan sabar selalu membersihkan luka gangren sebelum menaburi dengan Chitosan. Konsumsi Calsium II, Chitosan dan Diacont juga selalu dimonitor agar teratur dan selalu memberikan semangat kepada Ibu Hatiah. Luka gangren yang tadinya menyerang hampir seluruh telapak kaki, kini berangsur-angsur membaik. Tidak hanya lukanya yang berhenti menyebar tetapi mulai tumbuh jaringan baru sehingga kondisi telapak kaki ibu Hatiah semakin mendekati sempurna. Ibu Hatiah sangat berterima kasih kepada teman yang sudah memperkenalkan produk TIENS. Kadar gula darahnya juga relatif normal ditandai dengan kondisi Ibu Ratiah yang sudah bugar. Sudah tentu obat diabetes dari dokter juga harus terus diminum dan mengatur diet sesuai dengan anjuran dokter.  

Hatiah (50th), ibu rumah tangga, Kota Kasongan, Kab. Katingan – Kalimantan Tenqah



KOLESTEROL???
Siapa Takut....!!!!
Kolesterol selalu menjadi topik perbincangan hangat mengingat jumlah penderitanya semakin tinggi di Indonesia. Kebiasaan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari berperan penting dalam memengaruhi kadar kolesterol darah Anda. Semakin baik pola dan kualitas makanan Anda sehari-hari, tentu makin terjaga pula keseimbangan kolesterol dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sebagai komponen lemak, kolesterol sebenarnya merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, di samping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Lemak adalah salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Selain sebagai sumber energi, lemak atau khususnya kolesterol merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan junk food. Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.

Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke. Ini sama dengan kita menyimpan bom waktu dalam tubuh kita. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghindari ancaman penyakit yang berasal dari kolesterol tinggi. Yaitu dengan cara memulai mengubah pola hidup yang kurang baik, seperti menghindari konsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi dan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, misalnya gorengan. Akan lebih baik bila kebiasaan menggoreng diganti dengan menggunakan minyak zaitun karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan kaya asam lemak oleat atau omega-9 yang mampu menurunkan kadar “kolesterol jahat” atau low density lipoprotein (LDL) dan pada saat bersamaan mampu menaikkan kadar high density lipoprotein (HDL) atau “kolesterol baik”.

Perubahan pola hidup terutama pola makan bisa sangat memengaruhi kadar kolesterol dalam darah Anda. Makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran sangat baik dikonsumsi dibandingkan makanan yang digoreng dan makanan bersantan. Konsumsi makanan sehat pun dapat diartikan mengurangi makanan yang tinggi gula dan asupan alkohol. Kebiasaan lain yang sangat menentukan adalah olahraga rutin, minimal selama 30 menit/hari, tiga kali seminggu, menghentikan kebiasaan merokok dan mengendalikan berat badan Anda. Disarankan juga untuk mengonsumsi bahan-bahan alami yang terbukti dapat menjaga kadar kolesterol normal sebagai cara cerdas mencegah kolesterol lainnya.

Bahan alami tersebut salah satunya adalah ekstrak bawang putih. Bawang putih bermanfaat menurunkan LDL dan Trigliserida (TG) sebanyak kurang lebih 10%, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan cara menghambat terbentuknya gumpalan-gumpalan darah atau plak atau aterosklerosis. Cara alami lain yang sudah terbukti selama ribuan tahun lalu digunakan untuk konsumsi harian para raja-raja dan ratu-ratu di China, yaitu minum teh, yang kini sudah dipatenkan oleh perusahaan besar di dunia melalui kepiawaian Mr. Li Jin Yuan dan penelitian para ahli di Tianshi, dikemas apik menjadi sebuah Anti Lipemic Tea. Teh ini mengandung zat-zat luar biasa, yaitu :
  • Herba Gymnostemma Pentaohyllum (Jiaogulan) 260mg : “rumput pembawa rezeki” yang rasanya pahit, bersifat dingin, tidak beracun, digunakan untuk menghilangkan radang, menguraikan racun, menghentikan batuk dan menyingkirkan dahak.
  • Semen Cassiae (Juemingzi) 140mg : Kaya dengan kalsium, vitamin A, asam taurine, zat taurine, dan unsur mikro seperti tembaga, seng, selenium, dan lain-lain.
  • Folium Nelumbinis (Daun Teratai) 260mg : Menyingkirkan panas menjaga kelembaban, menimbulkan keceriaan, menambah cairan tubuh, mencegah haus, menurunkan panas.
  • Radix Polygoni Mutifori (Zhishouwu) 170mg : Kaya dengan kandungan lesitin nabati, memiliki daya menguraikan racun, menghilangkan sakit, melancarkan buang air, mencegah penyakit kadar lemak darah tinggi dan pengerasan pembuluh nadi (arteri), dapat menurunkan kekentalan cairan darah.
  • Teh Hijau (Theae Folium) 170mg : Mengandung theopolyphenol, kafein, zat kakao, sitrin, dan sebagainya. Memiliki fungsi menyegarkan mata, menghilangkan kegelisahan, melancarkan kemih, menguraikan racun, dan mengurangi kegemukan.

Dengan isi 40 sachet/box, Tianshi Antilipemic Tea yang juga merupakan produk paling laris ini memiliki banyak fungsi terhadap berbagai organ tubuh, diantaranya :
  • Menyembuhkan asam urat serta memperpanjang usia
  • Membersihkan darah dari lemak kolesterol dan HDL serta trigliserida
  • Menurunkan indeks pengerasan pembuluh darah
  • Meningkatkan kadar HDL yang baik / mengatur jumlah protein lemak
  • Mencegah penyakit jantung
  • Memperkuat fungsi hati
  • Mencegah penyakit otak termasuk stroke
  • Mencegah gigi cepat/mudah tanggal
  • Memperbaiki penglihatan
  • Mencerahkan wajah
  • Mencegah rambut cepat putih
  • Dalam membantu menurunkan berat badan
  • dan sebagainya
Jika Anda diminta untuk memilih bagaimana cara menghindari kolesterol tinggi sekaligus bermaksud ingin menurunkan berat badan, apakah cara cerdas yang Anda pilih ? secara medis atau menggunakan obat-obatan, atau secara alami ?



KEMANDULAN
DEFINISI Kemandulan adalah ketidakmampuan sepasang suami istri untuk mencapai kehamilan setelah selama 1 tahun melaksanakan hubungan seksual secara teratur dan tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Kemandulan primer adalah istilah yang digunakan jika pasangan suami istri sama sekali belum pernah memiliki anak. Jika sebelumnya pasangan suami istri pernah memiliki anak (minimal 1 kali kehamilan), tetapi kehamilan berikutnya belum berhasil dicapai, maka digunakan istilah kemandulan sekunder.

PENYEBAB Sekitar 30-40% kasus disebabkan oleh faktor pria, seperti:
  1. Masalah pada sperma
    Pada pria dewasa, sperma dibuat terus menerus di dalam testis (buah zakar). Proses pembuatan sperma disebut spermatogenesis. Sel yang belum terspesialisasi memerlukan waktu sekitar 72-74 hari untuk berkembang menjadi sel sperma yang matang.
    Dari testis kiri dan kanan, sperma bergerak ke dalam epididimis (suatu saluran berbentuk gulungan yang terletak di puncak testis menuju ke testis belakang bagian bawah) dan disimpan di dalam epididimis sampai saat terjadinya ejakulasi. Dari epididimis, sperma bergerak ke vas deferens dan duktus ejakulatorius. Di dalam duktus ejakulatorius, cairan yang dihasilkan oleh vesikula seminalis ditambahkan pada sperma dan membentuk semen, yang kemudian mengalir menuju ke uretra dan dikeluarkan ketika ejakulasi.
    Kesuburan seorang pria ditentukan oleh kemampuannya untuk mengantarkan sejumlah sperma yang normal ke dalam vagina wanita. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses tersebut sehingga bisa terjadi kemandulan: [a]. Peningkatan suhu di dalam testis akibat demam berkepanjangan atau akibat panas yang berlebihan bisa menyebabkan berkurangnya jumlah sperma, berkurangnya pergerakan sperma dan meningkatkan jumlah sperma yang abnormal di dalam semen. Pembentukan sperma yang paling efsisien adalah pada suhu 33,5? (lebih rendah dari suhu tubuh). Testis bisa tetap berada pada suhu tersebut karena terletak di dalam skrotum (kantung zakar) yang berada diluar rongga tubuh. Faktor lain yang mempengaruhi jumlah sperma adalah pemakaian marijuana atau obat-obatan (misalnya simetidin, spironolakton dan nitrofurantoin). [b]. Penyakit serius pada testis atau penyumbatan atau tidak adanya vas deferens (kiri dan kanan) bisa menyebabkan azospermia (tidak terbentuk sperma sama sekali. Jika di dalam semen tidak terdapat fruktosa (gula yang dihasilkan oleh vesikula seminalis) berarti tidak terdapat vas deferens atau tidak terdapat vesikula seminalis atau terdapat penyumbatan pada duktus ejakulatorius. [c]. VarikokelvarisesEjakulasi retrograd terjadi jika semen mengalir melawan arusnya, yaitu semen mengalir ke dalam kandung kemih dan bukan ke penis. Kelainan ini lebih sering ditemukan pada pria yang telah menjalani pembedahan panggul (terutama pengangkatan prostat) dan pria yang menderita diabetes. Ejakulasi retrograd juga bisa terjadi akibat kelainan fungsi saraf. merupakan kelainan anatomis yang paling sering ditemukan pada kemandulan pria. Varikokel adalah (pelebaran vena) di dalam skrotum. Varikokel bisa menghalangi pengaliran darah dari testis dan mengurangi laju pembentukan sperma. 
  2. Impotensi
  3. Kekurangan hormon
  4. Polusi lingkungan.
  5. Pembentukan jaringan parut akibat penyakit menular seksual.

40-50% kemandulan disebabkan oleh faktor wanita:
  1. Jaringan parut akibat penyakit menular seksual atau endometriosis.
  2. Disfungsi ovulasi (kelainan pada proses pelepasan sel telur oleh ovarium/sel telur). Ovulasi adalah pelepasan sel telur dari ovarium (indung telur). Ovulasi biasanya terjadi 14 hari sebelum menstruasi hari pertama. Sel telur yang dilepaskan ini siap dibuahi oleh sperma yang berasal dari pria. Jika seorang wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak mengalami menstruasi (amenore), maka dicari terlebih dahulu penyebabnya lalu dilakukan pengobatan untuk merangsang terjadinya ovulasi. Kadang ovulasi tidak terjadi akibat tidak dilepaskannya GnRH (donadotropin-releasing hormone) oleh hipotalamus.
  3. Kelainan hormon.
  4. Kekurangan gizi.
  5. Kista ovarium.
  6. Infeksi panggul.
  7. Tumor.
  8. Kelainan lendir servikal (lendir reher rahim). Lendir pada serviks bertindak sebagai penyaring yang menghalangi masuknya bakteri dari vagina ke dalam rahim. Lendir ini juga berfungsi memperpanjang kelangsungan hidup sperma. Lendir pada serviks adalah kental dan tidak dapat ditembus oleh sperma kecuali pada fase folikuler dari siklus menstruasi. Selama fase folikuler, terjadi peningkatan hormon estradiol sehingga lendir lebih jernih dan elastis dan bisa ditembus oleh sperma. Selanjutnya sperma menuju ke rahim lalu ke tuba falopii dan terjadilah pembuahan di tuba falopii.
  9. Kelainan sistem pengangkutan dari leher rahim ke tuba falopii (saluran telur).
  10. Kelainan pada tuba falopii. Bisa terjadi kelainan struktur maupun fungsi tuba falopii. Penyebab yang utama adalah: - Infeksi - Endometriosis - Pengikatan tuba pada tindakan sterilisasi.

Diperkirakan sebanyak 10-20% pasangan mengalami kemandulan.
Merupakan hal yang penting untuk tidak menunda kehamilan lebih dari 1 tahun; kemungkinan hamil pada pasangan yang sehat dan keduanya berusia dibawah 30 tahun serta melakukan hubungan seksual secara teratur adalah hanya sebesar 25-30%/bulan. Puncak kesuburan seorang wanita adalah pada usia 20 tahunan; jika usia wanita diatas 30 tahun (terutama diatas 35 tahun), maka kemungkinan hamil adalah sebesar kurang dari 10%/bulan.

Sumber : http://tianshiinternasional.blogspot.com/2010/08/mengenal-insomnia.html


Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)
Catatan ini kami tujukan untuk kami pada khususnya
dan untuk semua pembaca pada umumnya...
Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan... Amin
Wassalam...

Semoga Bermanfaat...
Silahkan COPY atau SHARE ke rekan anda jika menurut Anda note ini bermanfaat...

Lampirkan sumbernya ya... Syukron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar